Universitas Turki Siap Tampung Mahasiswa Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 24 Februari 2018 06:02
Universitas Turki Siap Tampung Mahasiswa Indonesia
Sejumlah universitas di Turki meningkatkan kuota mahasiswa asing menjadi 15 persen.

Dream - Sejumlah universitas di Turki menyediakan kuota khusus bagi para pelajar Indonesia. Bahkan ada sebagian universitas yang menggelar ujian masuk jenjang Strata 1 di Indonesia. 

Salah satu universitas tersebut adalah Bindarma Onyedi Eylul University. Universitas ini menyediakan kuota sebanyak 200 mahasiswa untuk Indonesia.

“ Kami punya beberapa mahasiswa internasional dan kami ingin tingkatkan hingga 15 persen dalam dua tahun,” ujar Rektor Bandirma Onyedi Eylul University, Suleyman Ozdemir, dikutip dari Anadolu Agency. 

Suleyman mengatakan iklim kampusnya sangat mendukung untuk belajar. Selain dekat laut, wilayah Bandirma juga dikelilingi orang-orang terdidik.

“ Lokasi kami sangat aman,” jelas Suleyman.

Suleyman mengatakan mahasiswa Indonesia tak perlu khawatir soal biaya kuliah. Ongkos kuliah per semester di Bandirma Onyedi Eylul University sangat terjangkau.

“ Biaya per semester untuk seluruh program hanya US$100, setara Rp1,3 juta. Saya kira ini sangat murah,” kata Suleyman.

Kampus lain yang juga menyediakan kuota bagi calon mahasiswa Indonesia adalah membuka Uludag University. Berdiri sejak 1975, kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Turki.

“ Ada 400 orang mahasiswa internasional di kampus kami, 130 di antaranya berasal dari Indonesia,” jelas Wakil Rektor Uludag University Eray Alper.

Menurut Eray, kampusnya memberikan variasi biaya perkuliahan di tiap jurusan. Biaya kuliah paling mahal adalah Fakultas Kedokteran sebesar 1.160 euro per tahun, setara Rp19 juta. Sedangkan jurusan Ekonomi hanya 480 euro per tahun, setara Rp8 juta.

“ Jadi biaya sangat murah. Ini harus dicoba oleh semua mahasiswa internasional, termasuk Indonesia,” jelas Eray.

Eray menjelaskan pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa melalui program Turkiye Burslari. (ism)

Beri Komentar