Kendaraan Ini Bebas dari Aturan Sistem Plat Ganjil Genap

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 27 Juli 2016 15:02
Kendaraan Ini Bebas dari Aturan Sistem Plat Ganjil Genap
"Kalau tidak mau kena aturan ini, pakai saja motor," kata Kadivhumas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono.

Dream - Sistem ganjil genap untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta resmi diujicobakan hari ini. Sistem ini membatasi kendaraan dengan pelat nomor tertentu yang dapat melewati ruas jalanan tertentu di Jakarta.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono menjelaskan tak semua kendaraan dikenakan aturan tersebut. Sejumlah kendaraan yang terbebas itu diantaranya kendaraan Presiden dan Wakil Presiden.

" Ada kendaraan Presiden dan Wakil Presiden, pemadam kebakaran, ambulans, mobil dinas petugas, mobil pejabat lembaga tinggi negara setingkat menteri, mobil angkutan plat kuning, mobil barang dispensasi Dishub," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 27 Juli 2016.

Selain kendaraan roda empat tersebut, sistem genap ganjil ini juga tidak berlaku untuk pengguna sepeda motor. Sehingga, kendaraan bermotor roda dua dibebaskan melewati jalan-jalan yang diberlakukan uji coba sistem baru ini.

" Iya motor enggak, makanya kalau tidak mau kena aturan ini, pakai saja motor," ucap dia.

Awi berujar aturan ini akan berlaku di beberapa titik yaitu Simpang Patung Kuda, Simpang Kebon Sirih, Simpang Sarinah, Bunderan HI, Bunderan Senayan, CSW, Simpang Kuningan (kaki Gatot Subroto), Simpang Kuningan (Kaki Mampang), dan Simpang Hos Cokroaminoto. Dalam uji coba ini, akan ada ditempatkan 200 personel di setiap titiknya.

Uji coba sistem ini berlaku Senin-Jumat mulai pukul 07.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB. Sistem ini tidak berlaku pada Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna