Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Uji Coba Penghapusan 3 in 1 Digelar Besok

Uji Coba Penghapusan 3 in 1 Digelar Besok Sejumlah Kendaraan Melintas Dibawa Papan Pemberitahuan Uji Coba Penghapusan Kawasan 3in1 Di Kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (3/4) (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dream - Selasa, 5 April 2016, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya akan menggelar uji coba penghapusan 3 in 1 di sepanjang jalan Sudirman dan MH Thamrin.

Meski begitu, kepolisian berharap uji coba yang akan digelar selama satu minggu itu tidak akan menimbulkan kemacetan.

Menurut Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, uji coba penghapusan 3 in 1 harus seobjektif mungkin.

"Dari pengamatan empiris, sistem 3 in 1 ini sudah mampu mengatasi kemacetan mulai dari Sudirman, Thamrin, Patung Kuda, sampai dengan Bundaran Senayan, serta dari Kuningan sampai Semanggi. Tetapi, kami tidak menutup mata adanya "dampak" sosial seperti joki 3 in 1," kata Budiyanto, Senin, 4 April 2016.

Budiyanto mengatakan berdasarkan pengalamannya, sejak pelaksanaan 3 in 1 pada 2003, kebijakan tiga pengemudi dalam satu mobil tersebut berhasil mengurai aktivitas kemacetan di ruas jalan penting di ibukota.

Untuk itu, jika nantinya dihapus, dia berharap ada program kebijakan yang dapat mengatur volume kendaraan bermotor.

"Nanti hasil evaluasi dari uji coba 3 in 1 itu dihapuskan atau tetap berjalan atau akan ada alternatif lainnya yang disiapkan atau ada ERP (Electronic Road Pricing-red) atau program lainnya. Dari Ditlantas (Direktorat Lalu Lintas-red) sendiri tidak ada masalah," ucap dia.

Meski masih bersifat uji coba, Budiyanto mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kemacetan. Dia mengimbau agar masyarakat berkendara tetap tertib berkendara dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Ya menurut saya tetaplah berkendara seperti biasa. Perhatikan tata cara lalu lintas yang benar dan kesiapan surat-surat kelayakan kendaraan juga, serta berlaku tertib," kata dia. (Ism) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jaga Berat Badan Stabil Setelah Lebaran dengan Minum Air Jahe

Jaga Berat Badan Stabil Setelah Lebaran dengan Minum Air Jahe

Banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan saat puasa Ramadan, tapi setelah Lebaran beberapa hari berat badan naik drastis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Semudah Itu

NOTED KAK! Gak Semudah Itu

Sahabat Dream, kalian pasti pernah kan membayangkan bekerja di Jakarta bakal enak? Harapan seringkali tak sesuai kenyataan lho.

Baca Selengkapnya
Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19

Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19

Yuk Intip kabar Terbaru Ningsih Tinampi yang dulu viral bisa obati pasien covid-19.

Baca Selengkapnya