Banyak Pasangan Nikah Berakhir Sebelum 5 Tahun

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 26 April 2015 07:00
Banyak Pasangan Nikah Berakhir Sebelum 5 Tahun
Tren pasangan muslim Singapura yang bercerai muda lebih banyak dibandingkan nonmuslim.

Dream - Perceraian suami-istri dalam usia pernikahan 4-9 tahun meningkat pesat di Singapura dalam dua dekade terakhir. Namun temuan yang mengejutkan, pasangan muslim justru mengambil porsi terbesar.

Mengutip laman straittimes, Minggu, 26 April 2015, tren perceraian dini pasangan muslim di Singapura ini terlihat sejak 1999. Data terakhir pada 2013, sebanyak 14 persen pasangan muslim tak bisa menikmati pernikahan tahun kelima.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pasangan yang bisa mempertahankan pernikahan antara 5-9 tahun.

Sebaliknya, pasangan nonmuslim yang terpaksa bercerai di usia pernikahan antara 5-9 tahun justru hanya 9,2 persen. Sementara mereka yang menikah di bawah suai pernikahan 5 tahun berjumlah 5,1 persen.

Pasangan hidup yang terpaksa bercerai menilai tren perceraian dini ini menunjukan, besarnya jumlah masyarakat muslim yang menikah dini atau menikah lagi.

Sebagai informasi, pasangan muslim Singapura yang menikah di usia kurang dari 21 tahun mencapai 5,2 persen untuk wanita dan 1,2 persen untuk pengantin pria. Angka ini lebih tinggi dibandingkan masyarakat non muslim masing-masing 1,6 persen dan 0,4 persen.

Seorang pengacara perkawinan, Abdul Rahman mengatakan dirinya menangani pasangan muslim yang berniat bercerai usai menikah pada usia 23 tahun.

" Pernikahan mereka menghadapi risiko berpisah lebih cepat karena kesulitan keuangan atau faktor emosional," katanya. (Ism) 

Beri Komentar