Bocah Imut Ini Jadi Penghafal Quran Termuda di Bosnia

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 8 Oktober 2015 09:04
Bocah Imut Ini Jadi Penghafal Quran Termuda di Bosnia
Ia hafal halaman pertama Alquran hanya dalam waktu tiga hari saja,

Dream - Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun telah menjadi penghafal Alquran atau hafiz termuda di Bosnia Herzegovina.

Abdurahman Tabakovic, yang tinggal di ibukota Bosnia-Herzegovina, Sarajevo, resmi menjadi hafiz termuda di negara itu setelah menyelesaikan ujian hafalan yang baru-baru ini diselenggarakan oleh Komite Islam setempat.

" Anak saya hafal halaman pertama Alquran hanya dalam waktu tiga hari saja," kata Hamzaliya Tabakovic, ayah Abdurahman, kepada World Bulletin, pada Selasa kemarin.

Abdurahman mulai bisa menghafal Alquran sejak dia berusia tiga tahun. Menyadari bakat Abdurahman, Hamzaliya mendaftarkan putranya itu ke sebuah taman pendidikan Alquran di Sarajevo.

Saat ditanya rahasia agar sukses menjadi hafis, Abdurahman mengatakan bahwa seseorang harus rela berkorban besar.

" Dibutuhkan pengorbanan besar untuk menjadi seorang hafiz. Aku harus menghafal Alquran bagian per bagian. Dan untuk mencapai semua itu, aku harus membuat pengorbanan besar seperti menghabiskan lebih sedikit waktu bermain dengan teman-temanku," kata anak itu.

Tabakovic, yang masih duduk di kelas lima sekolah dasar, berkeinginan untuk melanjutkan studi Islam ke jenjang lebih tinggi di masa mendatang.

Dia menambahkan motivasi terbesarnya dalam menghafal Alquran adalah hadits Nabi Muhammad yang berbunyi, " Sebaik-baiknya manusia adalah yang belajar Alquran dan mengamalkannya."

Mengajar membaca Alquran dan mengenalkan prinsip-prinsip Islam adalah tanggung jawab orang tua terhadap anaknya. Lebih bagus lagi jika keduanya diberikan sejak usia dini yang merupakan periode terbaik untuk menanamkan etika Islam.

Menghafal Alquran adalah salah satu cara yang paling penting untuk melestarikan pesan-pesan Allah `azza wa jalla kepada Nabi Muhammad.

(Sumber: OnIslam.net)

Beri Komentar