Ingin Cepat Menghafal Alquran? Coba Tips Jitu Ini

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 4 Maret 2015 10:44
Ingin Cepat Menghafal Alquran? Coba Tips Jitu Ini
Terdapat satu faktor penting yang menjadi `penentu` berhasil atau tidaknya seseorang dalam menghafal Alquran. Apa itu?

Dream - Sebagian besar umat Muslim menganggap menghafal Alquran sulit dilakukan. Namun jangan khawatir, banyak tips untuk menghafal kitab suci itu.

Menurut Pengasuh Rumah Quran Mulia (RQM), Ustaz Nurul Anwar, menghafal Alquran bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak mengenal batasan usia.

" Semua Muslim sebenarnya sangat mudah untuk menghafal Alquran dan tidak dibatasi oleh usia. Bahkan di usia 4 tahun bisa menghafal 30 juz," ujar Nurul Anwar saat berbincang dengan Dream.co.id dalam acara Islamic Book Fair di Jakarta, Selasa 3 Maret 2015.

Anwar mengatakan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar cepat menghafal Alquran. Caranya antara lain mengkondisikan lingkungan serta membiasakan diri mendengar ayat Alquran sesering mungkin.

Meski demikian, tambah Anwar, terdapat satu faktor penting yang menjadi “ penentu” berhasil atau tidaknya seseorang dalam menghafal Alquran, yaitu keinginan kuat yang muncul dari dalam diri orang yang ingin menghafal Alquran.

" Setiap hari harus membuat jadwal membaca minimal tiga ayat Alquran dalam empat jam, itu harus. Itu untuk dasarnya," kata dia.

Jika sudah mulai hafal, kata Anwar, maka harus ada langkah untuk menjaga hafalan tersebut. " Salah satunya membaca satu juz saat berkegiatan di luar salat," ujar Anwar. (Ism)

Laporan: Amrikh Endah Palupi

Beri Komentar
Bertemu PM Jepang, Indonesia Berminat Kembangkan Mobil Listrik