Bolehkah Jual Beli Mushaf Alquran?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Desember 2017 16:00
Bolehkah Jual Beli Mushaf Alquran?
Dasarnya, menjual Alquran dipandang sama dengan menjual ayat-ayat Allah. Benarkah?

Dream - Bagi umat Islam, Alquran memiliki kedudukan begitu tinggi. Kitab ini menjadi pedoman bagi setiap Muslim dalam menjalani kehidupan.

Kebanyakan Muslim memiliki mushaf Alquran dengan cara membeli di toko buku atau toko online. Meski ada sebagian yang memiliki Alquran karena hibah.

Tetapi, ada sebagian orang yang menyebut menjual Alquran tidak dibolehkan. Alasannya, menjual mushaf Alquran sama dengan menjual ayat-ayat Allah.

Benarkah demikian?

Dikutip dari laman konsultasi syariah, memang terdapat dalil mengenai larangan menjual ayat-ayat Allah. Beberapa di antaranya seperti Surat Al Baqarah ayat 41.

Janganlah kalian menjual ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit, dan bertaqwalah hanya kepada-Ku.

Juga pada Surat Al Maidah ayat 44.

Janganlah kalian menjual ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit.

Dua ayat di atas mencantumkan kalimat 'tsamanan qalilaa' yang artinya 'harga yang sedikit'. Ibnu Katsir dalam kitabnya Tafsir Ibnu Katsir menukil keterangan Abdullah bin Mubarak.

" Dari Harun bin Yasid, bahwa Hasan Al Bashri pernah ditanya tentang makna firman Allah 'tsamanan qalilaa'. Lalu beliau mengatakan, 'Ats tsaman al qalil (harga yang murah) adalah dunia berikut semua isinya'."

Ibnu Katsir pun menafsirkan makna kalimat 'Jangan kalian menjual' adalah 'jangan menukar (i'tiyadh). Apabila dilengkapkan, makna ayat 44 Surat Al Maidah yaitu 'Jangan kalian menukar ayat Allah untuk mendapatkan bagian dari kehidupan dunia'.

Sementara terkait hukum menjual mushaf Alquran, Imam Ibnu Utsaimin dalam kitab Al Mumthi' Syarh Zadul Mustaqni memberikan penjelasan sebagai berikut.

" Yang benar, boleh menjual mushaf Alquran dan boleh berdasarkan hukum asal yaitu halal. Dan aktivitas kaum muslimin melakukan jual beli mushaf hingga hari ini. Jika kita mengharamkan jual beli mushaf, tentu ini akan menghalangi orang untuk mengambil manfaat dari mushaf Alquran. Karena banyak orang tidak mau memberikan Alquran kepada orang lain secara gratis."

Selengkapnya...

Beri Komentar