Bagaimana Cara Sholat Orang Tak Hafal Surat Al Fatihah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Desember 2017 07:00
Bagaimana Cara Sholat Orang Tak Hafal Surat Al Fatihah?
Contohnya seperti mualaf yang baru memeluk Islam, tentu belum bisa membaca Surat Al Fatihah maupun menghafalnya.

Dream - Sebagai ibadah wajib, terdapat rukun-rukun yang harus dipenuhi dalam menjalankan sholat lima waktu. Salah satunya adalah membaca Surat Al Fatihah.

Karena bagian dari rukun, ulama menyatakan tidak sah sholat seseorang tanpa membaca Surat Al Fatihah. Surat ini wajib dibaca di setiap rakaat.

Terkait hal ini, Syeikh Zainuddin Al Malibari dalam kitab Fathul Muin memberikan penjelasan berikut.

" Rukun sholat keempat ialah membaca Al Fatihah pada tiap rakaat sholat saat berdiri berdasarkan hadis riwayat Al Bukhari-Muslim (Syaikhaini), 'Tidak sah sholat orang yang tidak membaca Al Fatihah', maksudnya pada tiap rakaat."

Tetapi, bagaimana dengan orang yang belum bisa atau tidak fasih membaca Al Fatihah? Seperti mualaf yang baru mengenal Islam misalnya?

Dikutip dari rubrik Ubudiyah Nahdlatul Ulama, Syeikh Al Malibari memberikan penjelasan terkait persoalan ini.

" Orang yang tidak tahu (hafal) seluruh ayat dalam surat Al Fatihah dan tidak mungkin mempelajarinya sampai waktu sholat berakhir, dan tidak bisa pula membaca mushaf, wajib baginya untuk membaca tujuh ayat, meskipun berbeda-beda, dan jumlah hurufnya tidak kurang dari jumlah huruf surat Al-Fatihah. Jumlah huruf surat Al-Fatihah sekitar 156 beserta basmalah, tasydid, dan alif pada 'maliki'. Kalau tidak mampu dibolehkan mengulang-ulang sebagian ayat dalam surat Al Fatihah sampai durasinya sama. Kalau tidak mampu juga, dibolehkan menggantinya dengan tujuh macam zikir. Bagi yang tidak mampu juga wajib diam sesuai durasi waktu baca surat Al Fatihah."

Selengkapnya...

Beri Komentar