Perbudakan Ada dalam Quran, Hukumnya di Zaman Sekarang?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Desember 2017 08:02
Perbudakan Ada dalam Quran, Hukumnya di Zaman Sekarang?
Islam hadir untuk membebaskan manusia dari sistem perbudakan.

Dream - Perbudakan merupakan praktik yang sudah lama ada di dunia. Praktik ini bahkan berlangsung sejak ribuan tahun lalu di hampir seluruh dunia.

Hukum mengenai perbudakan juga ada dalam Islam, tercantum dalam Alquran dan hadis serta pendapat para ulama. Tetapi, hal ini bukan berarti Islam adalah agama yang melahirkan perbudakan.

Di masa sekarang, begitu sulit ditemukan praktik perbudakan. Lantas, masih bisakah hukum-hukum Islam mengenai perbudakan diterapkan di era saat ini?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc menjelaskan hukum mengenai perbudakan memang tercantum dalam Alquran dan tidak dihapus. Tetapi, para ulama di era kekinian sepakat hukum tersebut sudah tidak berlaku meski tetap tercantum.

Saat ini, sistem perbudakan sepenuhnya sudah tidak ada lagi di muka bumi. Sehingga, memiliki budak di era kekinian sudah tidak lagi dibolehkan.

Sementara, ada keharaman memperlakukan manusia merdeka sebagai budak. Islam sendiri turun dengan hukum yang berpihak pada penghapusan budak.

Hal ini dapat dilihat, salah satunya, delapan ashnaf zakat. Di antara delapan ashnaf itu, fungsi zakat adalah untuk memerdekakan budak.

Selain itu, Islam mengakui anak yang lahir dari hubungan pria dengan budak wanita adalah anak merdeka. Dengan demikian, perbudakan dihapus perlahan hingga akhirnya tidak ada lagi.

Selengkapnya...

Beri Komentar