CONNECT WITH US!

Memahami Hadis Tentang Mimpi Bertemu Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni | Sabtu, 12 Agustus 2017 18:02
Diperlukan cara selektif dalam memaknai hadis di atas.

Dream - Berjumpa dengan Rasulullah Muhammad SAW dalam mimpi tentu menjadi harapan setiap Muslim. Tidak semua orang bisa mengalami bunga tidur bertemu sang pujaan di dunia dan akhirat tersebut.

Sayangnya, ada fenomena sejumlah orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Mereka mengaku bermimpi bertemu Rasulullah, lalu menggunakan klaim itu untuk mencari pengikut.

Mereka kerap menggunakan dalil sebuah hadis yang artinya demikian.

" Barangsiapa yang melihatku dalam mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar..."

Diperlukan pemahaman mendalam untuk memaknai hadis di atas. Ini agar dapat mengambil kesimpulan yang tidak menjerumuskan kepada klaim-klaim sesat dari mereka yang berusaha memanfaatkan keadaan.

Dikutip dari NU Online, KH Ali Mustafa Yaqub telah mengupas cara memahami hadis ini dalam kitabnya At Thuruqus Shahihah di Fahmis Sunnatin Nabawiyah. Kiai Ali menjelaskan, dalam memahami hadis perlu menggunakan metode yang disebut maudhu'i atau tematik, agar didapatkan pesan Nabi yang lebih komprehensif tentang suatu hal.

Metode ini dimulai dengan mengumpulkan hadis dari seluruh riwayat dan sumber yang memungkinkan. Kemudian, hadis bertema serupa atau saling menunjang diseleksi untuk didapatkan hadis yang shahih.

Jika hadis shahih telah didapat, dicari riwayat yang bisa menjelaskan makna hadis-hadis shahih lain yang masih terlalu global.

Penjelasan lebih lanjut, dapat disimak pada tautan ini.

Gracia Indri Sebut Ada KDRT, Begini Reaksi David NOAH