Muna Jama, Muslimah yang Menghebohkan Ajang Miss Universe

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 14 Agustus 2017 17:01
Muna Jama, Muslimah yang Menghebohkan Ajang Miss Universe
Jama disorot dunia karena memilih kaftan dalam sesi pakaian renang, baru pertama kali terjadi di Miss Universe.

Dream - Muna Jama menjadi sorotan sejumlah media dunia. Muslimah asal Inggris ini membuat ajang Miss Universe terasa berbeda lantaran memilih mengenakan kaftan untuk sesi pakaian renang.

Media tidak hanya menyoroti pakaian Jama, namun juga solusi yang dia tawarkan untuk mengatasi persoalan imigran gelap dan kekerasan terhadap anak di Afrika Timur. Untuk memasifkan upayanya meningkatkan kesadaran untuk masalah ini, dia mendirikan lembaga Cloudless Research.

Seperti apa sebenarnya sosok Muna Jama?

Jama meraih gelar sarjana media dan komunikasi dari Goldsmiths, Universitas London. Setelah lulus, dia bekerja di departemen sales Mercedes Benz, namun hidupnya berubah total pada 2015 saat melihat gambar orang-orang frustasi meninggal dalam upaya menyeberang laut Mediterania.

1 dari 3 halaman

Ingin Bantu Negeri Asal Orangtuanya

Dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan pergi ke Somalia serta Mesir untuk bertemu para pengungsi. Jama ingin memahami kesulitan para pengungsi dan semangat mereka hingga memutuskan melarikan diri dari tanah kelahirannya.

" Di Sabah, dekat Kairo, saya bertemu banyak orang dijanjikan kehidupan baru jika mereka menyeberangi lautan. Orang-orang rentan yang melarikan diri dari Somalia sepanjang perang sipil mengatakan kisahnya, banyak yang kehilangan anggota keluarga dan tempat tinggal. Beberapa tidak memiliki keahlian dan kemampuan bahasa untuk bekerja, sebagian bekerja sebagai pembantu atau pekerja domestik," kata Jama, dikutip Arab News.

" Di Somalia, saya melihat begitu banyak potensi tapi ini adalah salah satu negara miskin di dunia. Orang-orangnya pekerja keras tapi mereka tidak punya sumber daya untuk menolong hidup mereka sendiri. Mereka butuh dukungan internasional," kata Jama.

Perhatian Jama yang begitu besar terhadap warga Somalia didasari latar belakang keluarganya. Dia lahir di Jeddah dari pasangan orangtua asal Somalia yang bermigrasi ke Arab Saudi.

Ayahnya memutuskan pindah karena usaha peternakannya terhambat akibat perang saudara. Keluarga ini lalu pindah ke Inggris ketika Jama berusia 1 bulan dan tinggal di Forest Gate, London Timur.

2 dari 3 halaman

Lahir dari Keluarga Muslim Taat

Jama adalah salah satu dari 10 bersaudara, tujuh laki-laki dan tiga perempuan. Keluarga Jama adalah Muslim yang taat dan rutin beribadah di masjid setempat.

" Agama saya ada bagian terbesar pada diri saya. Saya berusaha hidup sesuai ajaran agama yang saya tahu, menurut Alquran," kata Jama.

Dia tumbuh di lingkungan mayoritas Kristen. Tetapi, hal itu tidak memberikan pengaruh padanya.

" Kami selalu menghargai setiap perbedaan," kata Jama.

 

3 dari 3 halaman

Idolakan Rihanna, Tapi Tak Mau Berlebihan

Jama pun mengatakan, sebagai pelajar, dia tertarik dengan dunia fashion dan selalu mengikuti gaya penyanyi Rihanna. Tetapi, dia menjadikan Rihanna sebagai panutan tidak secara berlebihan.

" Saya suka berdandan tapi tidak mau menjadi model. Bentuk pakaian saya, saya bebas memakai apa yang ingin saya pakai. Keluarga saya berpikiran sangat terbuka," kata dia melanjutkan.

Ibu dan neneknya mengenakan hijab dan Jama mengatakan akan sangat senang mengenakan penutup kepala di masa mendatang. Dia sangat dekat dengan neneknya yang baru saja meninggal.

Sumber: Arab News

Beri Komentar