Menguak Penyebab Obsesi Anak Pada Mainan L.O.L Surprise!

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 22 Januari 2019 14:11
Menguak Penyebab Obsesi Anak Pada Mainan L.O.L Surprise!
Si anak tak bisa mengetahui isi di dalamnya sebelum membukanya.

Dream - Bagi Sahabat Dream yang memiliki anak perempuan, mungkin sudah akrab dengan permainan L.O.L Surprise! Mainan satu ini memang sangat populer di berbagai negara.

Berupa boneka plastik berdesain gemas dengan pakaian dan aksesori yang bisa dicopot pasang sesuai selera. Sebenarnya tak terlalu berbeda dengan boneka pada umumnya. Hal yang membuat mainan ini menjadi viral dan diminati justru kemasan dan sensasi saat membukanya.

Mainan ini punya daya jualnya sendiri, yaitu memancing penasaran dan obsesi. Setiap boneka dikemas dalam plastik berwarna pink dengan motif seru. Si anak tak bisa mengetahui isi di dalamnya sebelum membukanya.

Saat dirilis pada akhir 2016, mainan ini terjual sebanyak 500.000 buah selama 2 bulan. Pada 2018, total penjualam diketahui mencapai 800 juta dan menjadi mainan paling laris di Amerika Serikat.

Predikat Toy of the Year pun diberikan kepada L.O.L Surprise oleh Toy Association. Isaac Larian, pendiri dan CEO dari MGA Entertainment, produsen L.O.L Surprise! sangat pintar membuat mainan yang sebenarnya biasa saja, jadi begitu menarik bagi anak-anak dan bahkan menjadi obsesi.

1 dari 1 halaman

Terinspirasi dari Unboxing dan Insomnia

Terinspirasi dari Unboxing dan Insomnia © Dream

Boneka yang berada dalam kemasan L.O.L boleh dibilang bukan hal yang istimewa. Kejutan yang muncul dari tiap kemasan dan permainan jadi yang paling dicari anak-anak. Mulai dari saat membuka kemasan.

Detail boneka tak diketahui. Lalu pada beberapa seri, jika boneka dimasukkan ke dalam air warnanya akan berubah. Hal inilah yang sangat disukai anak-anak.

" Anak-anak sangat suka dengan kejutan, hal baru dan ini sangat 'menggelitik' otaknya. Mereka menikmati perasaan antisipasi sebelum membuka mainan. Anak pun tahu kalau isi di dalamnya bukan lah sesuatu yang menakutkan tapi berupa boneka menggemaskan," ujar Rachel Barr, pakar pendidikan usia dini dari Georgetown University’s Early Learning Project, kepada The Atlantic.

L.O.L. Surprise! menurutnya dirancang khusus untuk memperpanjang kebahagiaan antisipatif. Anak-anak seperti menunda kebahagiaannya dengan membuka kemasan selama beberapa menit dan puncaknya ketika melihat isi di dalamnya.

Mainan ini juga makin populer dengan ratusan video unboxing di YouTube yang dibuat oleh para 'reviewer' mainan. Mungkin banyak yang tak tahu kalau L.O.L Surprise dibuat karena Isaac Larian terinspirasi dari video unboxing.

Sang CEO yang insomnia, menghabiskan malam-malamnya dengan menonton berbagai video unboxing. Ia lalu mengembangkan mainan dengan konsep unboxing.

Lahirlah si boneka L.O.L Surprise. Dari insomnia rupanya bisa lahir pundi-pundi kekayaan baginya.

Sumber: MentalFloss

Beri Komentar