Tengok Rumah dengan Rooftop Estetik Multifungsi, Dihias Logo BTS

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 16 Maret 2023 15:45
Tengok Rumah dengan Rooftop Estetik Multifungsi, Dihias Logo BTS
Sang istri merupakan penggemar berat boyband Korea, BTS. Suami mengizinkan untuk memasang logo BTS di rumah mereka.

Dream - Area rooftop biasanya tak terlalu diperhatikan. Hanya dimanfaatkan untuk menjemur pakaian atau menaruh barang yang tak terpakai. Sebenarnya, area tertinggi di rumah ini bisa jadi samgat fungsional jika ditata dengan baik.

Sahabat Dream sedang mencari inspirasi untuk mendesain rooftop di rumah? Jika iya, coba tengok penataan rooftop di akun Instagram @dsp.house. Suasan rooftop rumah yang berlokasi di Jakarta ini begitu nyaman dan fungsional.

Rooftop© Instagram @dsp.house

Ditaruh banyak tanaman agar bisa jadi tempat bersantai yang nyaman. Saat sore hari bisa menikmarti keindahan matahari terbenam dengan langit penuh warna. Hal yang menarik adalah, di salah satu dinding, terdapat logo BTS, boyband asal Korea.

Rooftop BTS© Instagram @dsp.house

Sang istri merupakan penggemar BTS. Suami mengizinkan untuk memasang logo BTS di rumah mereka. So sweet.

1 dari 5 halaman

Atap Skylight

Rooftop© Instagram @dsp.house

Rooftop ini dirancang dengan memiliki pembatas semiterbuka dengan area di bawahnya. Hal ini memungkinkan cahaya alami masuk ke rumah dengan maksimal.

Rooftop© Instagram @dsp.house

Terdapat area yang bisa dijadikan untuk tempat bersantai. Ditaruh kursi rotan, meja kecil dan tanaman hijau untuk memberi kesan asri.

Rooftop© Instagram @dsp.house

Area tersebut juga bisa dijadikan area untuk menjemur pakaian. Suasananya begitu apik ya, Sahabat Dream.

2 dari 5 halaman

Tembok Tetangga Tutupi Pemandangan, Rooftop Rumah Disulap Jadi Keren ala Cafe

Dream - Pemandangan indah dari rumah, jadi hal yang tak bisa kita atur. Ada kalanya tetangga membangun rumah lebih tinggi dari sebelum dan akhirnya menutupi pemandangan yang biasa kita nikmati.

Hal ini dialami oleh Novianti, pemilik akun Instagram @noviantidjunarto. Pemandangan rumahnya tertutup tembok tetangga yang sangat tinggi dan dibangun tepat di sebelah rumah. 

Novian yang suka berbagi ide dekorasi rumah di Instagramnya, akhirnya putar otak agar area rooftopnya tetap fungsional dan estetik. Ia pun akhirnya mendekor ulang.

Rooftop before© Instagram @noviantidjunarto

Saat pintu lantai paling atas rumahnya dibuka, tembok tetangga langsung terlihat. Akhirnya, ia membangun tembok putih lengkap dengan pot dan tempat duduk.

3 dari 5 halaman

Rooftopnya disulap jadi seperti di cafe. Tembok tetangga akhirnya ditutup dengan bangunan yang menyerupai frame.

Aksen lengkungan dibuat untuk memberi kesan seperti dekorasi di cafe. Terdapat rak untuk menaruh dekorasi, sementara bagian tengahnya dijadikan pot kaktus, juga di pinggirnya.

Rooftop© Instagram @noviantidjunarto

Lantainya motif kayu yang memberi kesan natural, warnanya senada dengan tempat duduk yang juga dilapisi kayu. Ditaruh juga beberapa pohon ukuran sedang dan besar agar memberi kesan asri.

Rooftop© Instagram @noviantidjunarto

Saat malam, penampakan rooftop jadi bernuansa romantis. Lampu-lampu dinyalakan dan bisa jadi tempat nongkrong yang nyaman.

Keren ya idenya. Lihat saja videonya.

 

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Novi (@noviantidjunarto)

4 dari 5 halaman

Desain Rooftop Seru ala Rumah Purnama Bandung, Intip Yuk!

Dream - Area lantai teratas dari rumah, biasanya hanya dibuat seadanya. Jadi tempat toren atau jemuran. Jika kondisinya memungkinkan, cukup luas, sebenarnya juga bisa dijadikan area bersantai atau taman rooftop.

Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @rumah_purnama. Bagian teratas rumah mereka memiliki rooftop yang nyaman dan kerap jadi area bersantai favorit anggota keluarga.

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, udara dingin di sana tampaknya membuat rooftop ini jadi area yang sejuk. Untuk membuatnya, dari keterangan yang diunggah, menggunakan rangka besi hollow ukuran 5x10 dan 4x6.

Rooftop Rumah Purnama© Instagram Rumah Purnama

" Untuk dinding menggunakan bahan spandeck 670 dan atap pun pakai spandeck tapi dg type berbeda, lalu kami lapis lagi dengan peredam. Untuk pintu kami buat ada 2, disisi kiri dan dari depan," tulis keterangan di Instagram @rumah_purnama.

Rooftop Rumah Purnama© Rumah Purnama

 

5 dari 5 halaman

Tempat Santuy yang Nyaman

Sementara, bagian kiri menggunakan pintu besi, lalu pintu depan menggunakan bahan alumunium yang satu paket dengan jendela kaca. Material alumunium menggunakan ukuran 3cm dan kaca biasa 5mm.

Rooftop Rumah Purnama© Rooftop Rumah Purnama

" Banyak yang tanya apakah diruangan ini panas? Jika pintu & jendela terbuka tidak terlalu panas,karena diatas anginnya cukup bikin adem,"  tulisnya.

Rooftop Rumah Purnama© Instagram Rumah Purnama

Jadi area rooftop juga memiliki glasshouse yang bisa digunakan untuk beristirahat. Untuk menambah suasana asri ditaruh banyak tanaman berukuran besar dan terdapat tanaman merambat yang menjuntai ke bawah. Lampu-lampu kecil juga dipasang agar malam hari rooftop terkesan romantis.

Ide yang seru, bukan?

Beri Komentar