Madu yang Sudah Disimpan Lama Mengkristal? Jangan Langsung Dibuang

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 12 Oktober 2020 11:33
Madu yang Sudah Disimpan Lama Mengkristal? Jangan Langsung Dibuang
Penting diketahui kalau madu adalah jenis makanan yang tak bisa kedaluwarsa.

Dream - Madu mengandung zat gizi dan protein yang tinggi. Rasanya yang manis bisa jadi campuran teh atau pengganti gula versi lebih sehat. Menyetok madu di rumah terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang penting untuk menjaga imunitas.

Menyimpan madu harus tepat, karena jika tidak cairannya jadi mengeras dan membentuk kristal. Biasanya karena madu sudah lama didiamkan dan tak diolah atau dikonsumsi dan disimpan dalam suhu ruang.

Penting diketahui kalau madu adalah jenis makanan yang tak bisa kedaluwarsa. Tak perlu menyimpannya di lemari es untuk bisa membuatnya tetap bertahan. Dengan menyimpannya di suhu ruangan, madu akan awet di waktu yang cukup lama.

 

1 dari 1 halaman

Jika madu mengkristal saat disimpan di suhur ruang, bukan berarti madu tersebut tak layak konsumsi. Kristalisasi ini terjadi karena glukosa dalam madu cair mengendap. Hal ini cukup lumrah terjadi seperti konsep kristalisasi pada sari tebu yang menjadi gula.

Bisa dibilang kristalisasi pada ini sangat aman dan masih layak untuk dikonsumsi. Hanya saja, memang saat dikonsumsi terasa butir-butir kristaal dan tak cair lagi. Bila madu sudah mengkristal, paling cocok jika dicampur dengan hidangan hangat, seperti teh atau bubur gandum.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

Beri Komentar