Bikin Sendiri Kaldu Gurih nan Sehat, yuk!

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Rabu, 23 Januari 2019 13:00
Bikin Sendiri Kaldu Gurih nan Sehat, yuk!
Bisa menggunakan tulang sapi atau ayam.

Dream -  Salah satu bumbu andalan yang bisa membuat nikmat adalah kaldu. Air kaldu dapat membuat masakan jadi lebih gurih. Itu sebabnya kaldu banyak digunakan sebagai penyedap rasa.

Saat ini kaldu instan sudah banyak dijual di pasaran. Meski lebih praktis, cita rasanya berbeda dari kaldu asli. Selain itu kaldu asli juga lebih sehat, tidak mengandung bahan pengawet dan MSG.

Sahabat Dream bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah. Bisa menggunakan tulang sapi atau ayam.

" Biar lebih terasa kaldunya, tulang bisa direbus bersama bawang bombay, wortel, dan batang seledri. Rebus di dalam air, setengah liter. Satu jam saja biar gak boros gas," kata Chef Reza Mahani di acara Bincang Shopee, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Pastikan untuk memakai tulang yang masih segar. Tulang sebaiknya tidak dicuci sebelum direbus, begitu pula daging merah. Hal ini untuk memastikan agar nutrisi tetap terkunci di dalam daging.

Daging sapi pada umumnya akan mengeluarkan lemak saat proses memasak. Tak perlu khawatir karena ini merupakan sifat alami protein hewan.

Agar kaldu tetap jernih, kamu bisa saring lemak dan busa yang mengapung di permukaan air.

Simpan air kaldu di lemari es. Kamu bisa memakainya untuk membuat aneka masakan seperti bakso, sup, beef teriyaki dan menu lainnya.

" Hangatkan sebelum dipakai. Biasanya ada gumpalan lemak yang membeku di permukaan kaldu, nah itu bisa dibuang dulu sebelum dihangatkan," kata Reza.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary