Cara Jaga Nutrisi Sayuran Saat Memasak

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 11 Februari 2019 17:43
Cara Jaga Nutrisi Sayuran Saat Memasak
Olahan sayuran kerap tak dilakukan dengan tepat, sehingga nutrisi yang terserap jadi sangat kurang.

Dream - Pastikan selalu ada sayuran dalam tiap menu makanan Sahabat Dream. Kandungan vitaminnya akan sangat baik untuk menjaga daya tahun tubuh. Termasuk memenuhi kebutuhan serat agar mencegah masalah pencernaan.

Sayangnya, olahan sayuran kerap tak dilakukan dengan tepat, sehingga nutrisi yang terserap jadi sangat kurang. Demi mempertahankan nutrisi pada sayuran saat memasak, lakukan tri-trik mudah berikut.

1. Cuci sebelum dipotong

Selalu cuci sayuran terlebih dahulu sebelum memotong sayuran. Memotong terlebih dahulu sayuran lalu kemudian mencucinya, akan dengan menghilangkan nutrisi alami pada sayuran.

2. Jangan memotong terlalu kecil

Jangan memotong sayuran menjadi potongan-potongan yang sangat kecil karena sebagian besar nutrisi akan hancur ketika mereka bersentuhan dengan udara. Cara terbaik adalah memotong sayuran ukuran sedang atau besar.

3. Perhatikan penggunaan air

Masak sayuran dalam jumlah sedikit air. Merebus terlalu banyak air akan merusak nutrisi. Disarankan untuk memasak sayuran dengan api yang kecil.

1 dari 1 halaman

Segera Masak Setelah Dipotong

4. Tidak memanaskan kembali makanan

Hindari memanaskan kembali makanan karena merusak struktur kimia nutrisi dan vitamin.

 Masak © Shutterstock

5. Jangan diamkan sayuran, setelah dipotong

Segera setelah memotong sayuran, segera masak. Pasalnya, vitamin dan mineral pada sayur begitu terpapar cahaya dan udara, akan dengan mudah rusak.

6. Jahe, kentang, wortel harus direbus dengan kulitnya
Sayuran seperti kentang, jahe, lobak dan wortel harus direbus dengan kulit, baru kulitnya dihilangkan setelah direbus. Merebus dengan kulit membantu nutrisi berpindah ke pusat sayuran yang membantu mempertahankan nutrisi dengan lebih baik.

(ism, Laporan Tri Yuniwati/ Sumber: Times of India)

Beri Komentar