Desainer Oscar Lawalata Putuskan Jadi Perempuan, Ibunda Sempat Merasa Bersalah

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 13 Agustus 2020 11:30
Desainer Oscar Lawalata Putuskan Jadi Perempuan, Ibunda Sempat Merasa Bersalah
Reggy Lawalata, ibunda Oscar Lawalata sempat menyalahkan diri sendiri dan perceraiannya. Namun

Dream - Kabar mengejutkan datang dari Oscar Lawalata. Kakak kandung Mario Lawalata itu memutuskan menjadi seorang perempuan. Keputusan Oscar tersebut sudah diterima dengan lapang dada oleh keluarganya terutama ibunda Reggy Lawalata dan adiknya Mario Lawalata.

Reggy Lawalata baru menerima keinginan putranya menjadi perempuan sekitar 5 sampai 6 tahun yang lalu. Awalnya sang ibunda mengaku berat untuk menerima kenyataan tersebut. Namun lewat diskusi panjang, akhirnya Reggy menerima kenyataan itu dan memberikan dukungan.

" Bisa menerima kondisi Oscar itu 5 atau 6 tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan. Pemilihan oscar apapun itu saya support karena bagaimana pun kamu adalah anak saya," ungkap Reggy Lawalata dikutip Dream dari YouTube The Lawalatas, Kamis 13 Agustus 2020.

Keluarga Reggy Lawalata© Keluarga Reggy Lawalata

 

1 dari 5 halaman

Tak Peduli Omongan Orang

" Apapun kamu I love you so much so you can do what you want, whatever. Dan saya tidak peduli sama semua orang," imbuhnya.

Reggy juga sempat berdiskusi dengan Mario Lawalata soal keinginan kakaknya itu. Mario pun kata Reggy akhirnya memberikan dukungan kepada sang kakak.

" And I talked to Mario, saya bicara sama Mario, begini begini begini, akhirnya kita bertiga bilang, apapun yang kamu mau lakukan, apapun yang membuat kamu bahagia, we no comment now, we support you, that's it," kata Reggy.

 

 

2 dari 5 halaman

Ibunda Oscar Lawalata Sempat Merasa Bersalah

Sebelum menerima keputusan tersebut, Reggy mengaku sempat mempertanyakan apa kesalahan yang telah diperbuatnya. Mendengar hal itu, Oscar sempat merasa bingung kenapa ia bisa berbeda dengan Mario padahal mereka dibesarkan dengan cara yang sama.

Bahkan Oscar dulu kerap diminta untuk melakukan beberapa kegiatan seperti karate, taekwondo sampai main basket.

" Ya saya suruh dia karate kadang-kadang suruh ikut Mario basket. Terus model jadi model (Majalah Aneka Yess) saya arahkan pada saat itu. karena pada saati itu SMP," kata dia

Reggy Lawalata© Reggy Lawalata

 

3 dari 5 halaman

Perceraian Dianggap Pemicu

" Dibesarin sama, teman main saudara-saudaranya sama, semuanya sama. Makan sama, kasih sayang sama, tinggal sama, jadinya buat saya waktu itu sangat-sangat big question banget," imbuhnya.

Reggy bahkan sempat menyalahkan perceraiannya dengan sang mantan suami yang jadi penyebab Oscar menjadi feminin.

" Saya berpikir mungkin karena perceraian saya, itu yang saya pikirkan. Tapi on the end saya lihat lagi teman saya hidupnya rukun-rukun aja tapi anaknya kaya gitu ya? Mulai saya berpikir oh ya bukan perceraian gitu," tuturnya.

(Sah, Sumber : youtube.com)

4 dari 5 halaman

Oscar Lawalata Sindir Desainer Hijab?

Dream - Desainer Oscar Lawalata baru-baru ini menjadi sorotan para peselancar dunia maya. Ini lantaran unggahannya yang seolah menyindir para desainer hijab.

Mulanya, banyak netizen yang menanyakan kenapa Oscar tidak mengeluarkan koleksi busana muslimah. Sementara, desainer busana muslimah Tanah Air semakin menjamur.

Cukup banyak yang beranggapan bisnis itu cukup menjanjikan. Namun Oscar dengan tegas tidak tergiur dengan hal itu.

" Ada yang bertanya kenapa saya tidak mendesain dan membuat Busana Muslim dan Jilbab? Sebuah komoditi bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia!. Jauh saya berbicara pada nurani saya, apakah saya mau mengeruk harta dan uang dari hasil berjualan atribut Agama yang dimana dikaitkan dengan pentas dunia fashion yang dikaitkan dengan ayat suci , dan saya mengeruk uang dan bisnis di dalam nya?,"  tulis Oscar, Selasa 17 Mei 2016.

Oscar merasa sedih melihat munculnya desainer baru yang merancang koleksi busana muslimah hanya untuk meraup keuntungan.

" Saya punya hati nurani dalam berkarya saya 'tidak' akan mencampuri bagian duniawi dalam perputaran uang dan bisnis dalam Sucinya Agama. Sedih ku melihat kesucian Agama yang dicampur adukan dalam pentas duniawi fashion dan busana, berlomba lomba menjadi desainer mutakhir dalam pentas busana Muslim,"  ujarnya.

                                          Oscar Lawalata Sindir Desainer Hijab?© Facebook Oscar Lawalata

Anak dari artis senior Reggy Lawalata ini pun juga seolah menuliskan pesan untuk para desainer busana muslimah.

" Adakah kau berpikir Agama itu tidak bisa kau nodai dalam duniawimu, dalam roda uangmu, dalam menunjang harta kekayaanmu dan dalam sebuah pentas pertunjukan. Egomu dalam memamerkan kreasimu demi nama besarmu? Ini dari Hati Nurani saya, mungkin lain dengan hati nuranimu yang bisa terbeli uang,"  ujar Oscar.

Sontak unggahan Oscar itu menuai reaksi yang beragam dari para pengguna internet.

" Saat dateng ke IFW dan masuk ke booth-booth muslim designer. Entah kenapa jadi selintasan mikir kayanya di Indonesia cukup beberapa kali booming ngartis main film religi, terus bikin baju jadi deh designer,"  tutur akun Ershy.

" Enggak usah dibahas, cukup hati dan tindakan yang berbicara. Agama sesuatu yg sakral yang perlu dijaga kesakralannya. Mari berkarya dengan bakat dan kemampuan individu masing-masing tanpa menodai dan mencedarai hati individu lainnya, terus berkarya. Sukses," tambah akun Richard.  (ism) 

5 dari 5 halaman

Kata Oscar Lawalata tentang Desainer Hijab

Dream - Kemunculan sejumlah nama besar dan prestasi perancang busana muslim yang mulai merebut hati banyak orang ternyata juga tak luput dari perhatian desainer kondang, Oscar Lawalata. Desainer yang kerap mengusung budaya lokal ini ternyata memiliki pandangan lain terhadap kemunculan sejumlah desainer busana muslim. 

Bukan menganggapnya sebagai pesaing, Oscar justru senang dengan sejumlah prestasi yang ditorehkan oleh para desainer busana muslim dalam mengharumkan nama bangsa. Namun, ia memiliki pendapat sendiri mengenai fenomena kemunculan para desainer hijab.

" Sebetulnya kalau saya pribadi kurang setuju kalau baju dikaitkan dengan agama. Agama itu kan sebenarnya mengajarkan nilai-nilai kesederhanaan, mengenai ketenangan hati dan jiwa serta hubungan antara personal dengan Tuhan," ucapnya kepada Dream.co.id di ajang Jakarta Fashion Week 2015.

Lebih lanjut desainer yang merupakan kakak kandung pemain film Mario Lawalata ini juga mengatakan, dunia fesyen seakan bertolak belakang dengan nilai-nilai agama.

" Dunia fesyen itu kan identik dengan kesan glamor dan sealu melulu bicara tentang penampilan. Sementara kalau agama kan lebih bersahaja bukan menonjolkan kesan seperti yang ditawarkan dunia fesyen," kata Oscar.

Dalam perhelatan Jakarta Fashion Week 2015, Oscar Lawalata bekerjasama dengan desainer asal Belanda, Mada van Gaans. Keduanya mengusung tema 'The Ceremony of Java' berupa 48 koleksi pakaian mulai dari gaun malam hingga busana ready-to-wear.

Beri Komentar