Ustaz Solmed: Bertahun-tahun Saya Dakwah Baru Sekarang...

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 12 Mei 2016 15:27
Ustaz Solmed: Bertahun-tahun Saya Dakwah Baru Sekarang...
Kekecewaan ditumpahkan Ustaz Solmed dengan perlakuan tidak menyenangkan para warga.

Dream - Ustaz Soleh Mahmoed atau yang biasa disapa Solmed mengalami perseteruan saat akan mengisi ceramah di salah satu masjid.  Solmed sempat dihadang warga Karang Bolong pada 29 April 2016. Suami April Jasmine itu pun mengaku tidak menyangka dengan peristiwa tersebut.

Solmed mengatakan saat itu ia di sana mengisi ceramah untuk acara Isro Miraj, namun rupanya acara tersebut berbau politik.

Hal itu disadari saat Solmed menuju lokasi dan di sepanjang jalan melihat spanduk-spanduk partai tersebar.

 Ustaz Solmed: Bertahun-tahun Saya Dakwah Baru Sekarang...© MEN

" Saya tahunya acara Isra Miraj. Saya tahu itu acara politik, ada yang bilang ke saya dan melihat spanduk," kata Ustaz Solmed saat ditemui di studio kawasan Tendean Jakarta Selatan, 11 mei 2016.

Pria kelahiran 19 Juli 1983 itu pun mengaku kecewa dengan perlakuan tidak menyenangkan para warga. Solmed mengaku ini hal pertama yang dia alami selama berdakwah.

 Ustaz Solmed: Bertahun-tahun Saya Dakwah Baru Sekarang...© MEN

" Ternyata yang saya datangi lokasi kampanye. Orang bilang politik, kejam. Bertahun-tahun saya dakwah baru sekarang saya alami kejadian seperti ini," tandasnya.  

1 dari 4 halaman

Reaksi Istri Saat Ustaz Solmed Dikeroyok

Dream - April Jasmine, istri Ustaz Solmed mengaku kaget dengan perlakuan kurang menyenangkan yang menimpa sang suami, saat mengisi ceramah di Karang Bolong beberapa waktu lalu.

April mengetahui kabar itu bukan dari Solmed langsung, melainkan dari sahabatnya.

" Awalnya tau dari teman, temen baca berita dan dia telepon saya tanya ustaz sehat ga. Aku kaget, aku baca, aku telepon dia. Aku mau denger dari kamu (ustaz solmed) sebagai istri," kata April saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu 11 Mei 2016.

Dengan mata yang berkaca kaca, April mengungkapkan jika suaminya itu mengabdikan hidupnya untuk umat Islam lain lewat materi ceramahnya.

Walaupun Ustaz Solmed sibuk dengan kegiatan dakwah, April tak mempermasalahkan hal itu.

" Dengar berita kayak gini sedihnya luar bisa, dia hidupnya bukan untuk keluarga saja, jadi buat umat juga. Kalau ditanya hari-hari aku, ustaz banyak di luar. Tapi insya Allah apa yang dilakukan saya ikhlas" .

Tidak hanya itu, Ibu satu anak ini pun geram dengan sikap para warga itu yang memperlakukan Ustaz Solmed dengan cara kekerasan.

Padahal keterlambatan ustad Solmed sampai lokasi bukan karena disengaja, tetapi lantaran panitia yang sengaja membuatnya terlambat.

" Saya dengar dikeroyok, kenapa sih ini pengajian kalau sampai ada yang dikeroyok tolong pikirin, kalau ustaz sudah meninggalkan anak dan istrinya," ujarnya geram. (Ism) 

2 dari 4 halaman

Ustaz Solmed Dihadang Orang Bersenjata, Mobil Dirusak Warga

Dream - Ustaz Soleh Mahmoed atau yang biasa disapa Ustaz Solmed mengaku mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan, saat mengisi acara di daerah Karang Bolong Banten pada 29 April 2016 lalu.

Solmed menganggap kejadian itu dilakukan sengaja oleh panitia acara. Suami dari April Jasmine itu pun mengatakan, panitia beberapa kali menginformasikan perubahan lokasi acara.

Mulanya, kata Solmed, dirinya mendapat undangan untuk berceramah di Serang Timur. Jarak tempuhnya hanya sekitar 10 menit dari keluar tol.

Tapi, lanjut Solmed, begitu keluar dari daerah itu ternyata panitia menyebut acaranya bukan di situ melainkan di Cilegon Timur. 

" Katanya cuma 10 menit, tapi takut macet kita khusnuzon dong. Ditanya lagi katanya tiga kilo,ketaker (bisa diprediksi) jamnya. Pas ditunggu sejam nggak sampai. Kita sampai lokasinya itu jam 12 malem," ujar Solmed saat ditemui di studio kawasan Tendean Jakarta selatan, Rabu, 11 mei 2016.

Sesampainya di lokasi acara, cerita Solmed, sebagian warga yang sudah menunggu lama telah meninggalkan tempat.

Solmed mengaku telah berusaha menjelaskan keterlambatannya kepada sebagian warga yang masih bertahan. 

Namun sepertinya masyarakat masih belum menerima alasan keterlambatan. Ia pun menceritakan peristiwa yang mengejutkan. (Ism) 

3 dari 4 halaman

`Solmed Kadieu Sia!`

Dream - Hal yang mengejutkan dilontarkan Ustaz Solmed. Saat keluar dari masjid dan berniat untuk pulang, segerombol orang sudah menunggunya.

Tak cuma menunggu, tapi dengan sikap dan wajah penuh emosi. Meledak-ledak.

Bahkan, beberapa orang terlihat memegang senjata tajam. Juga mengancam dirinya dengan perkataan kasar.

" Saya mau pulang di depan sudah ada orang ngumpul bawa parang gede-gede 'Solmed kadieu sia! (Solmed ke sini kamu!)' sambil marah," tuturnya.

Tak sampai di situ, dari beberapa sudut muncul lagi orang membawa benda-benda membahayakan.

" Itu dari sudut mana-mana orang bawa senjata, batu, besi," kata ayah satu anak itu.

(Ism) 

4 dari 4 halaman

Mobil Dirusak Warga

Dream - Tak berhenti sampai penghadangan warga, saat bergegas masuk ke mobil, kendaraannya pun dirusak warga.

" Pas saya masuk, mobil saya dirusak warga," tandasnya.

Sebelumnya Ustaz Solmed sempat membantah adanya pengeroyokan warga. Ia sempat mengatakan saat itu ia mendapati ada acara kampanye yang tidak diketahuinya.

Solmed juga tidak paham, kenapa panitia acara yang menjemputnya tak mengetahui lokasi pasti yang dituju.

" Ngga tahu ini jebakan atau apa karena ini ada area kampanye. Kampanye yang saya tidak tahu. Saya ngga paham panitia apa niat ga benar atau apa, saya ngga ngerti. Tiga kali saya pindah dalam sekejap. Andai benar di Serang timur acaranya, saya pasti sudah sampai," ujarnya.

Menurut Solmed, kejadian itu sengaja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

" Dari awal niatnya udah jahat. Saya rasa, saya bagaimana caranya saya datang terlambat di lokasi," ucapnya. (Ism) 

Beri Komentar