Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sebut Batik dari Negaranya, Miss World Malaysia 'Diamuk' Warganet

Sebut Batik dari Negaranya, Miss World Malaysia 'Diamuk' Warganet Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, Menyebut Batik Berasal Dari Malaysia. (foto: Akun Instagram @lavanyasivaji)

Dream – Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, belum lama ini diserbu warganet. Pemicunya, Lavanya menyebut batik berasal dari negaranya.

Pada akun Instagramnya, @lavanyasivaji, dia mengunggah foto saat mengenakan gaun dengan motif batik. Motif batiknya ini sepintas terlihat seperti pucuk rebung, yang dalam Bahasa Melayu disebut pucuak rabuang.

Motif pucuk rebung memiliki bentuk segitiga sama kaki dengan pola berderet. Motif ini lazim dijumpai di kawasan rumpun Melayu Indonesia, mulai dari Aceh, Riau, Lampung, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

"Bagi saya, kain batik menyimbolkan keberagaman orang-orang Malaysia dengan warna, cetakan, dan desain yang beragam. Kini, saya memperlihatan gaun malam untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia,” tulis dia dalam bahasa Inggris.

 

Miss World Malaysia klaim batik dari negaranya.

Belajar Lagi Yuk

Warganet Indonesia beramai-ramai membanjiri kolom komentar. Mereka menyatakan batik berasal dari Indonesia. Pernyataan itu dipertegas dengan menyebut kata “batik” berasal dari Bahasa Jawa.

“Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik. Maka, dia harus tahu sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara orang lain. Belajar lagi, yuk, biar pintar,” tulis @bundadorce.pageant.

“Etimologi, kata ‘batik’ berasal dari bahasa Jawa. Ambathik yang berasal dari kata (amba) artinya lebar dan (nithik) artinya membuat titik. Kata ini kemudian berkembang menjadi istilah dalam bahasa Jawa. Yaitu, melukis gambar di kain yang lebar. Bathikan juga berarti menggambar atau menulis. Istilah batik ini diserap ke bahasa Indonesia dan kata “batik” menggantikan bunyi “-th” dengan “t” karena non Jawa susah mengucapkan istilah ini dengan mudah. Dan juga UNESCO telah mengakuinya. Jadi, saya pikir nggak ada alasan negara lain mengklaim batik dari mereka,” tulis @its.alba.

“Hahahahaha. Kata batik aja loh berasal dari bahasa Jawa wkwk gimana tuh,” tulis @zzzzkk__.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memilih Atasan Batik untuk Wanita, Sesuaikan dengan Fungsi dan Gayanya

Cara Memilih Atasan Batik untuk Wanita, Sesuaikan dengan Fungsi dan Gayanya

Batik adalah kain tradisional yang banyak diminati untuk dijadikan berbagai model pakaian modern. Simak cara memilih baju batik berikut!

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Atasan Batik untuk Wanita Terbaru 2024, Cocok juga untuk Lebaran

10 Rekomendasi Atasan Batik untuk Wanita Terbaru 2024, Cocok juga untuk Lebaran

Kini, baju batik sudah menjadi trend dalam dunia fashion. Berikut rekomendasi baju batik wanita untuk Lebaran.

Baca Selengkapnya
Celana Apa yang Cocok untuk Baju Batik Wanita di Tahun 2024?

Celana Apa yang Cocok untuk Baju Batik Wanita di Tahun 2024?

Pakaian batik menjadi outfit yang ngetrend dengan dipadukan beberapa celana yang sesuai. Yuk simak dan ikuti sampai akhir!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

Bagaimana cara Sahabat dream, selama ini menggantung celana jeans? Pernah coba gaya berbeda seperti tutorial menggantung jeans ini belum?

Baca Selengkapnya