Dita Soedarjo Bongkar Kehidupan Keras Jakarta Lewat 'Jakartaholic'

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 25 Februari 2020 08:24
Dita Soedarjo Bongkar Kehidupan Keras Jakarta Lewat 'Jakartaholic'
Seperti apa isi bukunya?

Dream - Sebagai pusat bisnis sekaligus ibukota Indonesia, Jakarta memiliki magnet besar buat para pendatang mengadu nasib. Kota metropolis dengan segala kehidupan glamour ini juga menjadi pengharapan banyak orang.

Dengan beragam etnis yang hidup di dalamnya, warga asli maupun pendatang yang menetap di Indonesia memiliki kisah hidupnya masing-masing.

Kehidupan inilah yang direkam sosialita sekaligus pengusaha muda Dita Soedarjo lewat buku berjudul " Jakartaholic" .

" Ini cerita real, orang-orangnya ada, tapi of course namanya aku ganti," ujar Dita Soedarjo saat peluncuran buku Jakartaholic di kawasan Menteng, Jakarta, Senin, 24 Februari 2020.

 Dita Soedarjo© dream.co.id

1 dari 3 halaman

Cerita dari Banyak Latar Belakang

Dita menjelaskan bukunya banyak menceritakan tentang orang-orang di sekitarnya yang kerap berbagi cerita dan pengalaman hidup dengannya.

" Ceritanya itu tentang Tina, ia seorang jurnalis berumur 22 tahun, masih sangat muda, ia single dan suka mempertanyakan hidup," ucap wanita umur 28 tahun tersebut.

 Dita Soedarjo (tengah) © dream.co.id

Menjadi tokoh utama dari cerita bukunya itu, Tina adalah seseorang lulusan universitas luar negeri yang memutuskan pulang ke Indonesia. Pergolakan batin menjadi bumbu cerita dari Jakartaholic yang digarap mantan tunangan Denny Sumargo itu.

Salah satu bumbu cerita itu adalah anggapan mencari cinta sejati di Jakarta merupakan hal yang mustahil. Dita juga mengangkat tema soal kehidupan keras di ibukota yang membuat orang takut menjadi sosok baik hati. 

" Kayak bisa nggak sih kita di Jakarta lurus-lurus saja, karena katanya kalau kamu terlalu baik, you'll never be anyone, you'll never get anywhere," kata Dita.

2 dari 3 halaman

Banyak Stigma soal Jakarta

Dita menceritakan sering mendengar stigma karier sukses di Jakarta hanya bisa dicapai jika orang menempuh cara apapun. Mereka yang hidup lurus akan kesusahan menggapai kesuksesan di ibukota. 

Tak heran banyak orang menganggap menyakiti orang lain dengan cara apapun adalah hal normal di Jakarta.

" Maka dari itu banyak orang luar Jakarta melihat Jakarta sebagai kota impian, tapi kita yang di sini ya banyak orang stress, you know, jadi anak muda nih harus baca karena buat kamu jadi nggak cemburuan," ujar putri kedua dari konglomerat, Soetikno Soedardjo tersebut.

 Dita Soedarjo© KLY-Muhammad Akrom Sukarya

Menurut Dita, karya novelnya bukan sekadar berisi drama dan konflik orang-orang yang melawan kerasnya Jakarta. Dari cerita itu terselip pesan yang bisa mengedukasi masyarakat. 

Salah satu pesan itu adalah kesuksesan yang dinilai sangat indah sekalipun pasti harus melalui rintangan serta kekurangan. Dia bahkan meyakini tak ada orang sempurna dalam menjalani kehidupan di ibukota. 

" Kalau kamu lihat orang itu enak, haduh belum tentu. Belum saja lihat di belakangnya bagaimana, apa yang harus dia sacrifice, prinsip dia, harga diri, agama, orang terdekatnya dia tikam dari belakang," ucap Dita.

3 dari 3 halaman

Berharap Orang di Luar Jakarta Tahu

 Dita Soedarjo© KLY-Nurwahyunan

Novel Jakartaholic akan dijual secara offline dan dapat diakses online melalui Storial.co, yang merupakan platform untuk mengakses buku digital.

Dita berharap karya novelnya ini tak hanya dibaca kalangan masyarakat ibukota tapi bisa diakses mereka yang tinggal di luar Jakarta yang mencoba mengadu nasib di kota besar ini.

(Laporan: Raissa Anjanique)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak