Arab Saudi Bersiap Sambut 7 Juta Jamaah Haji 2015

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 20 Mei 2015 10:31
Arab Saudi Bersiap Sambut 7 Juta Jamaah Haji 2015
Persiapan dilakukan dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah yang terkait dengan persoalan haji dan umrah.

Dream - Pemerintah Arab Saudi tengah bersiap menyambut kedatangan jamaah haji 2015 yang diperkirakan akan mencapai 10 juta jiwa. Persiapan tersebut dilakukan dengan membenahi beberapa fasilitas.

Salah satunya adalah penambahan kapasitas Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah. Saat ini bandara tersebut dapat menampung 2.000 penerbangan dengan tujuh juta jamaah.

Saat musim umrah mulai tanggal 23 November 2014 hingga 16 Mei 2015, bandara ini telah melayani 23.000 penerbangan dengan jumlah jamaah mencapai 4,4 juta jiwa. Bahkan, Direktur Layanan Haji dan Umrah Bandara Internasional King Abdul Aziz Khales Al Harbe mengatakan pihaknya sampai menyiapkan terminal khusus haji yang dilengkapi 14 ruang tunggu eksklusif.

Al Harbe menerangkan terminal ini dapat memuat sebanyak 60.000 jamaah haji. Menurut dia, terminal khusus ini akan dibuka akhir pekan ini.

" Terminal akan bekerja optimal dengan staf yang cukup untuk melayani jamaah haji sampai pertengahan Syawal (31 Juli)," ujar Al-Harbe, dikutip Dream.co.id dari Alarabiya.net, Rabu, 20 Mei 2015.

Al Harbe mengatakan persiapan tersebut akan melibatkan instansi pemerintah yang terkait urusan haji dan umrah. Hal ini untuk menjamin persiapan dapat berjalan lancar.

" Semua akan hadir di terminal untuk menyediakan layanan. Ditambah ada empat meja paspor, dua untuk jamaah tiba dan dua untuk yang berangkat," kata Al Harbe.

Lebih lanjut, Al-Harbe mengatakan staf layanan akan menerima jamaah ketika mereka turun dari pesawat. Para petugas akan mengarahkan jamaah menuju meja pemeriksaan paspor, berlanjut ke bagian bea cukai dan akhirnya mengantarkan jamaah ke shelter minibus yang akan membawa ke Mekkah atau Madinah. (Ism) 

Beri Komentar