Doa Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah agar Rumah Tangga Bahagia

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 24 Januari 2023 20:01
Doa Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah agar Rumah Tangga Bahagia
Doa agar keluarga sakinah mawaddah warahmah dipanjatkan untuk keluarga baru maupun keluarga yang sudah berlangsung lama.

Dream – Membangun rumah tangga adalah sesuatu yang tidak mudah. Meskipun disebut sebagai ibadah seumur hidup, menikah tidak semudah yang tampak di permukaan. Menyatukan dua orang ialah persoalan meredam emosi, meninggalkan ego, dan saling terbuka satu sama lain.

Pasangan yang sudah menikah sudah seharusnya bersama membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis tanpa kekerasan baik fisik maupun mental. Itulah definisi ibadah seumur hidup yang dimaksud dalam agama Islam.

Pernikahan merupakan fase kehidupan yang sangat membahagiakan, apalagi jika menikah dengan sang pujaan. Perjuangan yang berakhir di pelaminan adalah impian bagi banyak orang.

Ketika menyaksikan sahabat, keluarga, atau kerabat menjadi pengantin, kadang kita turut merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan. Maka sebaiknya kita memberikan doa-doa yang terbaik buat kedua mempelai.

Doa agar keluarga sakinah mawaddah warahmah dipanjatkan untuk keluarga baru maupun keluarga yang sudah berlangsung lama. Dengan membaca doa keluarga sakinah mawaddah warahmah, kita turut mendoakan agar rumah tangga sendiri maupun orang lain menjadi sakinah, mawadah dan warahmah.

Berikut bacaan doa keluarga sakinah mawaddah warahmah yang perlu dibaca agar rumah tangga bahagia.

1 dari 3 halaman

Keutamaan Menikah dalam Islam

Mengetahui doa untuk pengantin baru memang sangat penting. Namun sebelumnya kamu juga perlu memahami keutamaan menikah menurut agama Islam.

Keutamaan menikah yang pertama ialah bisa menjaga hawa nafsu dan menghindarkan diri dari perbuatan yang dibenci Allah SWT, yakni berzina.

Keutamaan menikah yang selanjutnya adalah bisa membuat hati menjadi tenteram, lantaran tujuan hidupnya bisa lebih terarah dengan mempuanyai keluarga yang bahagia.

Menikah adalah bagian dari sunnah Rasulullah Saw. Beliau juga menganjurkan kepada umatnya yang sudah mampu dari segi fisik, mental, dan finansial untuk menyegerakan menikah.

Menikah adalah upaya untuk menyempurnakan Agama.

2 dari 3 halaman

Doa Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Mengutip dari Kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, terdapat doa untuk pengantin baru yang sepatutnya kita ucapkan bagi pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah. Doa ini dibaca dengan tujuan agar pengantin menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

  بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya:

“ Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

3 dari 3 halaman

Doa untuk Pengantin Baru

Akad nikah biasanya disaksikan oleh orang-orang terdekat. Saat menghadiri akad nikah, sebaiknya para tamu mengucapkan doa untuk pengantin baru bahasa Arab. Bagi mempelai pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh mempelai laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah akad nikah:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Doa untuk pengantin baru setelah akad nikah ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

" Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: 'Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Enkau ciptakan atasnya'. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

Beri Komentar