Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan, Lengkap Manfaat dan Adabnya Sesuai Ajaran Nabi Saw

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 2 Desember 2022 09:23
Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan, Lengkap Manfaat dan Adabnya Sesuai Ajaran Nabi Saw
Manfaat membaca doa sebelum makan adalah makanan yang kita makan akan terasa lebih nikmat dan berkah.

Dream - Makanan merupakan rezeki dari Tuhan untuk hamba-hamba-Nya. Makanan akan membuat tubuh lebih bertenaga untuk menjalani aktivitas harian.

Karena berupa rezeki, maka kaum Muslim dianjurkan untuk bersyukur dengan membaca doa ketika mau makan. Membaca doa mau makan akan membuat makanan menjadi lebih berkah sesudah disantap.

Sebab makan akan bernilai ibadah jika diniatkan untuk beribadah. Artinya makan bertujuan menjaga badan tetap kuat agar bisa melakukan berbagai ibadah.

Akan tetapi tidak dipungkiri terkadang kita lupa membaca doa ketika hendak menyantap makanan. Biasanya ini terjadi ketika makanan yang dihidangkan sangat lezat atau kita dalam kondisi kelaparan.

Jika Sahabat Dream lupa membaca doa sebelum makan, ada doa lain yang menjadi solusinya. Inilah bacaan doa ketika lupa baca doa makan, dikutip Dream dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Bacaan Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan

Dalam hadis telah dijelaskan mengapa seorang muslim harus membaca doa sebelum menyantap makanan. Hal ini karena setan akan ikut makan bersama anak adam yang tidak membaca doa. Hal ini menyebabkan makanan yang dimakan tidak berkah dan tidak menyehatkan.

Dalam Kitab Al Adzkar, Imam Nawawi radhiyallahu 'anhu berkata:

“ Jika seseorang meninggalkan membaca “ bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia bisa mengucapkan di tengah-tengah makannya, maka ia dianjurkan mengucapkan ‘bismillaah awwalahu wa aakhirohu’.

Sementara itu, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

“ Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “ Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”

Dari penjelasan tersebut, kamu bisa mendapatkan bacaan doa ketika lupa baca doa makan. Berikut bacaan doanya:

 بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillahi awwalahu wa akhirahu.

Artinya:

" Dengan nama Allah untuk permulaan dan selesai makan."

2 dari 7 halaman

Doa Sebelum Makan

Bacaan doa sebelum makan bagi umat Islam sudah bukan hal yang asing lagi. Doa sebelum makan seringkali sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Bahkan orang tua juga mulai membiasakan anaknya untuk membaca doa sebelum makan. Ketika kebiasaan sejak kecil ini terus dilakukan, maka akan terus dilakukan hingga dewasa. Sehingga berdoa sudah menjadi bagian dari ritual sebelum makan.

Bacaan doa sebelum makan yang akan dibahas kali ini adalah doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash ra, dari Nabi saw bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan ‘Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah’.”

Berdasarkan riwayat tersebut, jelas sudah bahwa bacaan doa sebelum makan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّبَارِكْلَناَفِيْمَارَزَقْتَناوَقِنَاعَذَابَالنَّارِ،بِسْمِاللهِ

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adzabannar, bismillah.

Artinya:

“ Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah)."

3 dari 7 halaman

Doa Sesudah Makan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam telah mencontohkan adab ketika menyantap makanan dengan sebaik-baiknya.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat Islam agar tidak makan secara berlebihan. Secara medis pun juga sama, sebab perut manusia bukanlah tempat yang bisa diisi sesuka hati sampai melebihi bata. Jika perut diisi terlalu banyak, bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Setelah makan pun, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa sesudah makan dan artinya yang kini menjadi pedoman umat Islam.

Doa sesudah makan dan artinya ini dibaca sebagai ungkapan rasa syukur karena telah diberikan rezeki berupa makanan dan minuman. Berikut adalah doa sesudah makan dan artinya yang bisa kamu amalkan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin.

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim.”

4 dari 7 halaman

Manfaat Membaca Doa Sebelum Makan

Seperti telah disebutkan pada awal artikel ini, bahwa dengan membaca doa sebelum makan akan menghindarkan kita dari gangguan setan. Karena pada saat kita makan, setan juga ikut memakan makanan kita. Dengan membaca doa sebelum makan, maka setan tidak berani ikut makan bersama kita. Manfaatnya adalah makanan yang kita makan akan terasa lebih nikmat.

Terdapat riwayat hadis yang menjelaskan tentang setan yang ikut makan bersama manusia jika tidak didahului membaca doa sebelum makan.

Sebuah hadits yang diwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah Saw sedang duduk, beliau melihat seseorang sedang makan tanpa menyebut nama Allah sampai makanannya hanya tinggal satu suapan saja. Namun ketika ia mengangkatnya ke mulut, ia baru membaca Bismillah awwalahu wa akhirahu.

Rasulullah tersenyum lalu bersabda:

“ Setan selalu ikut makan bersamanya (manusia). Dan saat dia menyebut nama Allah, setan langsung memuntahkan makanan yang ada di perutnya.”

5 dari 7 halaman

Adab Makan Sesuai Ajaran Nabi Saw

Tak hanya mengajarkan tentang doa sebelum makan, Rasulullah Saw juga mengajarkan tata cara makan yang sesuia dengan etika. Simak etika makan sesuai ajaran Nabi Saw berikut ini:

  • Tidak boleh makan berlebihan.
  • Tidak boleh serakah mengambil dan mengonsumsi banyak makanan.
  • Tidak mengajak orang lain dalam suatu undangan tanpa izin dari orang yang mengundang.
  • Lebih baik makan bersama-sama atau berkumpul saat makan.
  • Tidak makan sambil tidur telentang.
  • Sebaiknya makan di tempat yang rendah.
  • Jangan bersandar ketika makan.
6 dari 7 halaman

Makanlah Apa Saja Asalkan Halal dan Thayyib

Islam memerintahkan kepada umatnya untuk mengonsumsi makanan yang halal. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Baqarah ayat 163 berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS Al-Baqarah: 168).

Islam juga mempersilahkan umatnya untuk mengonsumsi makanan apa saja, selagi makanan tersebut halal dan thayyib, serta tidak berlebihan. Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-A’raf ayat 31 berikut:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا

Artinya: “ Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

7 dari 7 halaman

Kriteria Makanan yang Halal Menurut Islam

Bagi seorang Muslim memerhatikan makanan yang dikonsumsi halal atau tidak sangatlah penting. Karena di dalam Islam sendiri telah diperintahkan agar umat Islam mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Perintah tersebut ada di dalam Al-Quran, salah satunya dalam firman Allah SWT melalui surat Al-A’raf ayat 157 berikut:

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ

Artinya: dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka.” (QS. Al-A’raf: 157)

Jadi, makanan dengan kriteria seperti apa sajakah yang tergolong sebagai makanan halal? Kriteria makanan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Halal zatnya (lidzatihi).
  • Halal cara mendapatkannya (lighairihi).
  • Baik, bergizi, dan tidak menimbulkan penyakit atau mudharat untuk tubuh (thayyiban).

Jika sahabat Dream sudah mengetahui apa saja kriteria makanan yang halal, maka hal ini bisa membuat sahabat Dream lebih memerhatikan makanan yang akan kamu konsumsi.

Beri Komentar