Geger Suporter Malaysia Hina Singapura

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 23 Agustus 2017 16:01
Geger Suporter Malaysia Hina Singapura
Mereka meneriakkan yel-yel dengan menyebut 'Singapore, itu anjing'.

Dream - Pelaksanaan pesta olah raga SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, diwarnai sejumlah insiden tidak menyenangkan. Selain Indonesia, insiden itu juga dialami Singapura.

Suporter tim sepakbola Malaysia menyanyikan yel-yel berisi hinaan kepada tim Singapura. Mereka meneriakkan 'Singapore, itu anjing!'

Dikutip dari Staits Times, Insiden itu terekam video yang tersebar di akun Facebook All Singapore Stuff. Rekaman itu diambil saat laga kualifikasi grup A SEA Games antara Malaysia dengan Singapura di Stadion Shah Alam pada Rabu, 16 Agustus 2017.

Laga itu berujung kemenangan Malaysia dengan skor 2-1. Lebih dari 30.000 suporter Malaysia menyaksikan pertandingan tersebut dari bangku stadion.

 

1 dari 2 halaman

Sudah Jadi Tabiat

Dream - Pemain bek Singapura, Irfan Fandi, 20 tahun, membenarkan hal itu. Dia mengaku sudah memperkirakan yel-yel penghinaan itu akan dinyanyikan suporter Malaysia.

" Saya mendengarnya, tetapi saya sudah mengira sebelumnya sehingga saya tidak terpengaruh. Saya abaikan saja," ucap Irfan.

Dewan Olimpiade Nasional Singapura menolak memberikan komentar atas insiden ini.

Salah satu suporter Singapura menulis pernyataan di Facebook. Dia tidak menyesali kekalahan Singapura atas Malaysia dan justru melontarkan sindiran pada suporter Negeri Jiran itu.

" Kami orang Singapura hanya kalah tanding dengan mereka, tapi mereka telah kehilangan moral dan semangat bermain," kata suporter Singapura, Rashidah Begum di akun Facebooknya.

2 dari 2 halaman

Ditegur Panitia SEA Games Kuala Lumpur

Dream - Atas insiden ini, panitia penyelenggara SEA Games Kuala lumpur mengeluarkan teguran keras. Badan itu mendesak suporter Malaysia memperbaiki perilaku karena telah menodai semangat yang diusung Sea Games.

" Setiap insiden yang bertentangan dengan semangat kebersamaan dan persatuan, khususnya penghinaan terhadap negara peserta lainnya dalam berbagai bentuk, sangat disesalkan," demikian pernyataan panitia.

" Suporter harap menahan diri dan tidak menyanyikan yel-yel yang menyinggung agama atau ras," lanjut pernyataan tersebut.

Insiden penghinaan itu ternyata tidak hanya dialami Singapura. Pada pertandingan pembukaan grup A pada Senin kemarin, tim sepakbola Brunei Darussalam juga mengalami insiden serupa. (ism) 

Beri Komentar