Penampakan Gentong Emas Isi Tanah dan Air di Dekat Monumen Titik Nol IKN

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 14 Maret 2022 18:01
Penampakan Gentong Emas Isi Tanah dan Air di Dekat Monumen Titik Nol IKN
Prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara diikuti oleh 34 gubernur dari seluruh provinsi Indonesia.

Dream -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama 34 gubernur di seluruh Indonesia secara resmi memulai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Pekerjaan ini dimulai dengan secara simbolis menyatuan tanah dan air yang dibawa para kepala daerah di titik nol IKN pada Senin, 14 Maret 2022. 

“ Pada hari ini, Senin, 14 Maret tahun 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Saya hadir di sini bersama-sama dengan 34 gubernur dari 34 provinsi di seluruh tanah air, bersama-sama dengan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Tanah dan air yang dibawa para gubernur itu diberikan kepada Presiden dan bersama-sama dituang ke dalam sebuah gentong berwarna emas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membawa tanah dari Kampung Aquarium mendapat giliran pertama, yang kemudian ditutup oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor

Berikut adalah penampakan gentong emas serta momen-momen simbolis penyerahan tanah dan air di titik nol IKN 

1 dari 6 halaman

Hadir Presiden dan Menteri

Dalam sambutannya, presiden menyampaikan permohonan terima kasih kepada seluruh masyarakat, lembaga negara yang telah mendukung dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“ Mudah-mudahan, kita berdoa, semoga hidayah dan barokah dari Allah Swt., memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” pungkasnya.

Jokowi Pimpin Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara di IKN© (Foto: setkab.go.id)

Mengutip laman Sumber: setkab.go.id, acara simbolis dimulainya pembangunan IKN ini dilanjutkan dengan penanaman pohon di titik nol IKN oleh sejumlah pejabat dan kepala daerah.

 

 

2 dari 6 halaman

Para Gubernur `Nongkrong` Bareng

Mengintip unggahan video Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terlihat sejumlah menteri dan kepala daerah yang menggunakan pakaian dinas PNS duduk mananti Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di lokasi titik nol IKN. 

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

Salah satunya terlihat wajah gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa duduk selonjoran di pelataran yang disiapkan paniti.

3 dari 6 halaman

Ini Monumen Titik Nol IKN

Ramai disebut sebagai titik mula pembangunan IKN Nusantara, lokasi ini ditandai dengan sebuah tugu dengan dua undakan berwarna biru.

 

Di atas undakan itu terlihat sebuah pelat logam bertuliskan Survei Geodesi Indonesia yang dibuat Badan Informasi Geospasial. 

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

4 dari 6 halaman

Penampakan Gentong Emas di Titik Nol IKN

Untuk menandakan dimulainya pembangunan IKN, presiden dan 34 gubernur secara simbolis menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari daerahnya masing-masing. 

Tanah dan air tersebut selanjutnya diserahkan kepada presiden untuk bersama-sama dimasukkan ke dalam sebuah gentong berwarna emas. 

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

Gentong IKN tersebut ditempatkan di dekat monumen titik nol IKN dengan gambar berupa lambang negara Burung Garuda yang terlihat jelas di salah satu sisinya. 


 

5 dari 6 halaman

Dimulai Anies Baswedan Pertama Ditutup Gubernur Kaltim

Gubernur DKI Jakarta menjadi kepala daerah pertama yang menyerahkan tanah dan air kepada presiden Joko Widodo. Benda yang dibawa Anies tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam gentong berwarna emas di depan dua pejabat negara itu. 

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

Proses penyerahan tanah dan air ditutup oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang juga menjadi tuan rumah dari penyelenggaran event hari ini. 

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

6 dari 6 halaman

Program simbolis pembangunan IKN ditutup dengan acara penanaman pohon yang dilakukan sejumlah kepala daerah. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang membawa tanah dan air dari 27 daerah di Jabar berkesempatan menanam pohon jenis rasamala.

Gentong IKN© (Foto: Instagram @ridwankamil)

Beri Komentar