Manfaat dan Efek Samping Kondom, Pasangan Suami Istri Wajib Tahu

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 3 Agustus 2022 06:12
Manfaat dan Efek Samping Kondom, Pasangan Suami Istri Wajib Tahu
Selain memberikan beragam manfaat kesehatan, kondom juga memberikan efek pada penggunanya.

Dream – Alat kontrasepsi yang cukup banyak dikenal pasangan suami istri adalah kondom. Selain untuk mencegah dari penyakit menular yang ditularkan saat berhubungan intim, kondom biasanya digunakan pasangan yang sudah menikah untuk mencegah atau menunda terjadinya kehamilan.

Seorang suami yang menggunakan kondom tidak perlu khawatir karena alat kontrasepsi ini tidak akan memengaruhi kesuburan baik untuk perempuan maupun laki-laki. Yang harus dicatat, kondom bukanlah alat untuk melegalisasi hubungan di luar nikah yang tergolong zina dan dosa besar bagi pelakunya.

Meski begitu, penggunaan kondom juga memiliki efek samping, meski masih kategori tak terlalu berat bagi laki-laki maupun perempuan saat berhubungan intim. Suami dan istri tentunya harus memahami apa saja manfaat dan bahaya atau efek samping kondom.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang manfaat dan bahaya kondom yang penting diketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui halodoc.com dan alodokter.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kondom bagi Kesehatan

Manfaat Kondom bagi Kesehatan© Freepik.com

Dalam pembahasan tentang manfaat dan bahaya kondom, akan dijelaskan terlebih dahulu apa saja manfaat kondom bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya yang penting untuk diketahui sahabat Dream:

Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Manfaat kondom yang pertama adalah bisa mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Bahkan dengan menggunakan kondom, maka hal ini mampu mengurangi terjadinya kehamilan hingga 98 persen. Seseorang yang sudah menggunakan kondom, tetapi masih bisa mengalami kehamilan, maka hal ini mungkin terjadi kesalahan dalam pemasangannya. Sehingga efektivitas dari kondom pun turut mengalami penurunan.

Kondom sendiri menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling mudah. Namun, sebelum menggunkannya, alangkah lebih baik jika sahabat Dream memerhatikan cara pemakaiannya agar efektivitasnya juga baik.

Mencegah Penularan HIV

Manfaat kondom berikutnya adalah bisa mencegah penularan penyakit HIV. Virus HIV bisa menyebar melalui beberapa cara yang salah satunya adalah melalui hubungan intim ketika laki-laki dan perempuan tidak menggunakan kondom. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan bersama, maka pemakaian kondom sangatlah penting agar virus tersebut tidak menular.

Memperpanjang Durasi Hubungan Intim

Dengan menggunakan kondom, maka hal ini bisa membantu memperpanjang durasi berhubungan intim. Hal ini karena kondom sendiri dibuat dengan berbagai macam model, tekstur, dan bentuk. Sehingga dengan variasi tersebut mampu untuk meningkatkan sensasi seks. Selain itu, kondom juga bisa untuk menunda terjadinya ejakulasi, dengan begitu hubungan intim pun bisa berlangsung lebih lama.

2 dari 3 halaman

Menjaga Ereksi

Laki-laki perlu mengetahui bahwa dengan menggunakan kondom, maka bisa menjaga ereksi. Apalagi untuk laki-laki yang sulit untuk mempertahankan ejakulasi, maka menggunakan kondom menjadi pilihan yang tepat agar ereksi bisa bertahan lama.

Mencegah dari Cedera

Ketika sahabat Dream menggunakan kondom saat berhubungan intim, maka hal ini bisa mencegah dari terjadinya cedera. Hal ini karena kondom sendiri dibuat dengan adanya lapisan pelumas, sehingga penetrasi bisa terjadi dengan lancar.

Lebih Higienis

Manfaat menggunakan kondom berikutnya adalah lebih higienis atau lebih bersih. Sehingga kesehatan pun juga lebih terjaga. Bahkan dengan menggunakan kondom, tak hanya bisa terhindar dari HIV saja, tetapi juga mencegah dari penyakit kelamin seperti herpes, sifilis, dan sebagainya.

Harga Lebih Terjangkau

Kemudian dari sisi harga juga lebih terjangkau untuk dibeli dan mudah sahabat Dream dapatkan. Kamu bisa membelinya di apotek, toko online, dan sebagainya. Bahkan kamu bisa membelinya tanpa menggunakan resep. Kondom menjadi alat perlindungan yang aman dan pastinya ramah kantong.

3 dari 3 halaman

Bahaya Menggunakan Kondom

Bahaya Menggunakan Kondom© Freepik.com

Manfaat dan bahaya kondom menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Apalagi bagi pasangan yang hendak melakukan hubungan intim. Meskipun kondom sendiri memberikan manfaat yang beragam, namun sahabat Dream juga harus berhati-hati dengan bahaya yang bisa ditimbulkan.

Berikut adalah beberapa bahaya menggunakan kondom yang penting diketahui:

Alergi

Bahaya yang pertama adalah terjadinya alergi yang disebabkan oleh bahan kondom tersebut yang berupa latex serta minyak di dalam kondom. Efeknya bisa menimbulkan rasa gatal pada perempuan maupun laki-laki yang melakukan hubungan intim. Efek ini biasanya dirasakan setelah menggunakan alat tersebut.

Kurang Terangsang

Bagi sebagian laki-laki ada yang merasa kurang sensitif atau kurang terangsang ketika menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim.

Bisa Rusak Jika Penggunaan Tidak Tepat

Seperti diketahui bahwa kondom terbuat dari karet kondom yang elastis. Meski begitu, sahabat Dream juga harus berhati-hati karena bisa saja kondom mengalami kerusakan atau robek jika penggunaannya kurang tepat. Apalagi jika kondom telah kadaluarsa. Jadi, saat membelinya sahabat Dream harus memerhatikannya dengan baik ya.

Penggunaan Kondom pada Laki-laki

Hal ini perlu diperhatikan oleh laki-laki saat menggunakan kondom. Di mana ketika kondom digunakan, maka laki-laki harus segera menarik penisnya setelah orgasme sebelum penis lemas kembali. Tujuannya adalah agar sperma tidak keluar dari kondom tersebut.

Beri Komentar