6 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung, Kerja Memompa Darah Jadi Ringan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 9 Juni 2022 06:12
6 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung, Kerja Memompa Darah Jadi Ringan
Dengan berolahraga secara teratur, maka bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit jantung.

Dream – Tubuh manusia yang setiap harinya melakukan berbagai aktivitas dan bertahan hidup hingga saat ini tentu tidak terlepas dari organ-organ di dalamnya. Salah satu organ yang sangat penting bagi manusia adalah jantung.

Fungsi dari jantung adalah mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dengan bantuan jantung, darah yang dialirkan tersebut juga mengandung berbagai nutrsi yang sangat penting. Ketika jantung dalam kondisi yang sehat, hidup manusia pun juga akan baik-baik saja dan terhindar dari penyakit berbahaya, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, penting bagi sahabat Dream untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, jangan lupa juga untuk rutin berolahraga. Karena manfaat olahraga bagi jantung mampu membantu mengalirkan darah lebih lancar, memusnahkan kolesterol jahat, dan sebagainya.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan jantung sebagaimana dirangkum Dream melalui halodoc.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung© Freepik.com

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung yang pertama adalah bisa menstabilkan tekanan darah. Menyadari bahwa jika seseorang sampai memiliki kondisi tekanan darah tinggi, hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Di mana orang itu bisa terserang penyakit jantung dan bisa saja berakibat fatal bagi penderita.

Oleh karena itu, tekanan darah haruslah selalu diperhatikan dengan baik dan memastikan bahwa tekanan darah dalam kondisi yang stabil. Caranya adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga mampu membuat detak jantung menjadi lambat dan menurunkan tekanan darah. Jadi, sahabat Dream penting untuk meluangkan waktu berolahraga meski di tengah kesibukan rutinitas harianmu.

Meningkatkan Kemampuan Otot

Pekerjaan jantung tidaklah bisa dianggap ringan dan sederhana. Dalam proses memompa darah, jantung harus bekerja sangat keras. Namun, sahabat Dream bisa meringankan kerja jantung dengan cara berolahraga. Olahraga mampu untuk meningkatkan kemampuan otot dalam mengambil oksigen dari darah. Dengan begitu, jantung bisa lebih ringan untuk memompa darah dalam jumlah banyak ke otot.

Beberapa olahraga yang bisa sahabat Dream lakukan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan otot adalah berjalan, berlri, angkat berat, berenang, dan latihan ketahanan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung© Unsplash.com

Menjaga Berat Badan

Manfaat olahraga sangatlah baik bagi kesehatan jantung. Hal ini juga berhubungan dengan berat badan, di mana dengan berolahraga secara rutin dan menerapkan pola makan yang sehat, maka akan bisa menurunkan berat badan. Karena ketika berat badan sudah berlebihan, tidak akan baik baik kesehatan, terutama kesehatan jantung dan bisa menjadi penyebab penyakit stroke.

Jadi, upayakan untuk menjadwalkan diri melakukan olahraga secara rutin. Demi mendapatkan berat badan yang baik dan tentu saja kesehatan jantung juga lebih terjaga.

Mengurangi Peradangan Kronis

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung yang tak kalah istimewa adalah bisa mengurangi peradangan kronis. Tentunya olahraga haruslah dilakukan secara rutin meskipun tidak dalam waktu yang lama. Kamu bisa memberikan waktu di sela-sela aktivitasmu yang padat untuk berolahraga. Misalnya saja saat pagi hari sebelum beraktivitas atau pada malam hari.

Melalui olahraga yang teratur, maka peradangan kronis pun bisa berkurang dan membuat tubuh menjadi lebih bisa beradaptasi pada tantangan olahraga di sistem tubuh. Hal ini juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai penyakit jantung lho, sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung© Unsplash.com

Efektif Memproses Glikogen

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung yang berikutnya adalah efektif dalam memproses glikogen. Glikogen sendiri adalah simpanan glukosa yang bisa menjadi energi cadangan. Di mana glikogen ini disimpan dalam tubuh, lebih tepatnya di bagian hati dan otot.

Dengan melakukan olahraga berupa latihan kekuatan yang dipadukan dengan latihan aerobik, misalnya jalan cepat, berenang, dan bersepeda, maka bisa mengurangi risiko menderita diabetes sampai 50 persen. Dengan melakukan olahraga tersebut, otot bisa memproses glikogen lebih baik dan mencegah produksi gula darah yang terlalu besar. Karena gula darah yang tinggi pada manusia bisa mengundang penyakit diabetes untuk datang.

Meredakan Stres

Stres menjadi kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja dan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Stres tidak hanya akan berdampak buruk pada kesehatan mental saja, tetapi juga memicu hadirnya berbagai penyakit fisik. Di mana kondisi ini mampu memberikan beban berat bagi organ jantung.

Oleh karena itu, olahraga sangatlah diperlukan. Namun, pastikan sahabat Dream memilih olahraga yang tepat yang berfokus pada resistensi. Misalnya saja latihan beban. Kemudian olahraga yang berfokus pada fleksibilitas seperti yoga. Yoga cukup ampuh untuk membuat kamu menjadi lebih rileks dan pastinya bisa meredakan stres.

Itulah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan jantung. Usahakan agar sahabat Dream melakukan olahraga secara rutin agar kesehatan organ jantung selalu terjaga dengan baik.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More