Sorong Selatan Kekurangan Guru Berkompeten

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 28 April 2015 18:44
Sorong Selatan Kekurangan Guru Berkompeten
Sejumlah infrastruktur yang ada termasuk jumlah guru berkompeten di Sorong Selatan sangat jauh dari harapan.

Dream - Sorong Selatan merupakan kabupaten dengan tingkat pendidikan yang masih rendah. Sejumlah infrastruktur yang ada termasuk jumlah guru yang berkompeten sangat jauh dari harapan.

Alhasil, anak-anak usia sekolah di Sorong Selatan tidak bisa merasakan pendidikan. Ditambah kesadaran yang rendah tentang pentingnya pendidikan membuat pembangunan di Sorong Selatan tidak bisa berjalan dengan baik.

" Kami dari daerah butuh pendampingan pendidikan ini lebih lanjut. Bagaimana meningkatkan kualitas dari guru dan pendidik," ujar Bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw di Jakarta, kemarin. 

Otto mengaku, begitu membutuhkan pendampingan untuk membangun dunia pendidikan di wilayahnya. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas anak usia didik Sorong Selatan agar mampu bersaing dengan anak-anak di daerah lain.

" Pendidikan model advokasi menjadi prioritas utama karena kami punya sumber daya alam yang luas. Jadi jangan bedakan kami di tanah Papua Barat khususnya Sorong Selatan," ucap Otto.

Selanjutnya, Otto berharap tidak ada perlakuan yang berbeda dari pemerintah terhadap masyarakat Sorong Selatan yang berujung pada kesenjangan.

Papua Barat terutama Kabupaten Sorong Selatan adalah bagian dari Indonesia yang harus mendapat perlakuan setara dengan daerah lain.

" Kami adalah anak bangsa Indonesia, dengan diperlakukan dengan baik seperti halnya soal pendidikan maka kami akan merasa bagian dari bangsa Indonesia," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan terus berupaya mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif di tanah Papua Barat. Salah satunya mendorong pertumbuhan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

" Kami akan mendorong pertumbuhan SMK di seluruh Indonesia menjadi pusat pengembangan dan distribusi kemajuan dari daerah tersebut dan rencananya Presiden akan datang dan melihat langsung kondisi di daerah Sorong Selatan," kata Anies. (Ism) 

 

Beri Komentar