Fakta-Fakta Sosok Ars-Vita Alamsyah, Muslimah Indonesia Anak Buah Elon Musk

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 6 Mei 2022 12:00
Fakta-Fakta Sosok Ars-Vita Alamsyah, Muslimah Indonesia Anak Buah Elon Musk
Sosok muslimah asal Indonesia itu diketahui bekerja di SpaceX, perusahaan aerospace milik salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Dream - Bekerja di bidang aerospace mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama wanita. Terlebih, pekerjaan ini membutuhkan banyak engineer muda yang umumnya diisi oleh laki-laki.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi wanita satu ini. Ia adalah Ars-Vita Alamsyah, yang akhir-akhir ini mencuri perhatian dunia aerospace.

Sosok muslimah asal Indonesia itu diketahui bekerja di SpaceX, perusahaan aerospace milik salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Tak hanya itu, sejak bergabung di SpaceX pada Agustus 2021, Vita menjadi salah satu figur yang merepresentasikan perempuan muslim di sektor industri ini. Tak heran, sosoknya pun langsung menjadi sorotan.

1 dari 4 halaman

Kuliah S1 hanya 2 tahun

Ars-Vita Alamsyah© Instagram @arsvitaa

Karena kecerdasaanya, tak butuh waktu lama bagi Vita untuk menyelesaikan pendidikan S1. Ia mengambil jurusan engineer di University of Maryland pada tahun 2015. Hanya berselang dua tahun, Vita berhasil meraih gelar Bachelor of Science pada tahun 2017.

Tak sampai di situ, pada 2020 Vita melanjutkan pendidikan dengan mengambil program magister di MIT (Massachusetts Institute of Technology) jurusan Supply Chain Management dan lulus pada 2021.

Tak hanya pendidikan formal, Vita juga kerap melakukan kegiatan sosial maupun pelatihan-pelatihan ekonomi sosial.

2 dari 4 halaman

Magang di NASA

Rupaya, sebelum bekerja di perusahaan aerospace milik Elon Musk, Vita pernah magang di lembaga antariksa Amerika Serikat atau yang dikenal dengan NASA.

Ia belajar di sana selama satu bulan sepanjang November 2015.

3 dari 4 halaman

Kerja di SpaceX

Ars-Vita Alamsyah© Instagram @arsvitaa

Vita mengaku, bekerja di SpaceX bukanlah hal pertama yang ia targetkan. Namun, ia sangat senang ketika menjadi bagian dari SpaceX.

" Sejak kecil, saya senang sekali melihat bagaimana sebuah benda dirakit dan dibuat. Saya sangat terinspirasi oleh kakek saya yang seorang insinyur mesin," ujar Vita, dikutip dari VOA.

Bekerja di perusahaan teknologi, kata Vita, adalah sebuah inovasi besar bagi dirinya. Ia senang ketika menjadi bagian dalam perkembangan teknologi maju.

" Saya ingin menjadi bagian dari sebuah inovasi besar, menyelesaikan masalah yang kompleks, dan melihat perkembangan teknologi maju. Itulah mengapa saya ada di sini," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Representasi muslimah

Ars-Vita Alamsyah© Instagram @arsvitaa

Menurutnya, kunci di balik kesuksesan seorang perempuan adalah terus membangun keyakinan akan kemampuan diri.

Kepercayaan diri itu tak hanya dihadirkan Vita dalam pekerjaannya, tapi juga dalam membawakan dirinya sebagai representasi muslimah.

" Saya tidak pernah takut untuk jujur tentang diri saya apa adanya, bahwa saya berhijab dan berbeda dari yang lain," kata Vita.

Tak jarang ia pun menjelaskan sekilas tentang Islam kepada mereka yang belum tahu sama sekali.

" Saya justru senang mempunyai kesempatan untuk berbagi tentang kepercayaan saya," ujarnya. (hud)

Beri Komentar