Fakta Sebenarnya Video Viral Pemudik Terjebak Macet di Jalan Tikus

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 7 Mei 2021 18:45
Fakta Sebenarnya Video Viral Pemudik Terjebak Macet di Jalan Tikus
Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak sebuah jalan di perbukitan dipenuhi para pemotor.

Dream - Sebuah video yang menampilkan jalan di perbukitan dengan penuh pemotor tengah viral di media sosial. Video itu dikait-kaitkan sebagai suasana mudik Lebaran 2021 melalui jalan tikus.

Video berdurasi 30 detik tersebut salah satunya disebarkan oleh akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver pada 6 Mei 2021.

" Hati2 buat pemudik yg menggunakan motor,. jalan tikus sudah mulai macet..," tulis akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver.

Unggahan Facebook© Liputan6.com

Video tersebut langsung viral dan menjadi perbincangan netizen. Namun, benarkan hal itu terjadi di lapangan? Dilansir Liputan6.com, Jumat 7 Mei 2021, berikut penelusurannya.

1 dari 3 halaman

Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci " jalan tikus mulai macet pemudik" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai tersebut. Ternyata video tersebut tidak terkait dengan mudik Idulfitri 2021.

Video serupa pernah diunggah oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret 2021. Video yang diunggah akun TikTok @arexarikristyanto9 terlihat lebih detail.

Unggahan TikTok© Liputan6.com

Dalam rekaman itu, terlihat antrean motor cross di sebuah jalanan perbukitan. Video tersebut diduga merupakan kegiatan dari komunitas motor cross.

" Saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. #fyp?," tulis akun TikTok @arexarikristyanto9.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebuah jalan tikus dipenuhi pemudik ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun Facebook Acoy Yudi Lastfriendfastdriver tidak terkait dengan mudik Idul fitri 2021.

Video itu diunggah pertama kali di media sosial oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret 2021, jauh sebelum pemerintah melarang mudik Idulfitri 2021.

3 dari 3 halaman

Videonya

@arexarikristyanto9

saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. ##fyp?

? original sound - Arex Ari Kristyanto

Dalam keterangan video disebutkan bahwa gerombolan pemotor itu bukanlah sedang melewati jalan tikus jelang lebaran 2021.

Beri Komentar