Siswi SMP di Jabar Datang ke Wisuda Berbaju Pengantin, Ternyata Tak Sembarang Murid Bisa Pakai

Reporter : Dinda Permata Sari
Jumat, 26 Mei 2023 09:35
Siswi SMP di Jabar Datang ke Wisuda Berbaju Pengantin, Ternyata Tak Sembarang Murid Bisa Pakai
Di beberapa sekolah Jabar, siswi nilai terbaik akan berdandan seperti pengantin.

Dream - Hari wisuda adalah petanda seorang peserta didik telah berhasil menyelesaikan masa belajarnya di sekolah. Tak hanya di perguruan tinggi, wisuda juga dilalui oleh siswa dan siswi yang duduk di bangku SD hingga SMA. Bahkan adik-adik di TK dan playgroup juga merasakan hari kelulusan ini.

Di semua tingkatan sekolah itu, pesta kelulusan ini akan dipersiapkan sedemikian rupa agar bisa meriah dan berkesan.

Terlebih bagi siswa perempuan yang biasanya akan berhias bahkan menyiapkan baju kebaya khusus untuk dipakai saat acara kelulusannya.

Namun pemandangan unik terlihat saat wisuda SMP Negeri 1 Cikijing, Majalengka, Jawa Barat. Tak seperti para murid lainnya, terlihat seorang siswi yang diwisudah tampil memakai baju pengantin di hari kelulusannya itu.

 

1 dari 5 halaman

Viral Siswi SMP Wisuda Pakai Kebaya dan Siger Pengantin Sunda, Ternyata Sudah Tradisi© Tiktok.com/shin3yyaa

Dalam video yang diunggah akun Tiktok @shin3yyaa, merekam saat seorang siswi yang mengenakan kebaya pengantin itu sedang naik ke panggung untuk bersalaman dengan guru-gurunya.

Tak hanya menggunakan kebaya pengantin yang menjuntai panjang, siswi SMP itu juga menggunakan siger Sunda lengkap dengan kembang goyang dan ronce melati di kepalanya.

2 dari 5 halaman

Viral Siswi SMP Wisuda Pakai Kebaya dan Siger Pengantin Sunda, Ternyata Sudah Tradisi© Tiktok.com/shin3yyaa

Siswi yang sangat totalitas berhias di hari wisudanya ini tentu mencuri perhatian teman-teman seangkatan dan juga guru-guru di sekolahnya. Sebab, tak biasanya seorang peserta didik berdandan bagai pengantin di acara wisuda. Ternyata pemandangan ini bukanlah hal yang aneh dan sudah sering terlihat di beberapa daerah khususnya Jawa Barat.

3 dari 5 halaman

Viral Siswi SMP Wisuda Pakai Kebaya dan Siger Pengantin Sunda, Ternyata Sudah Tradisi© Tiktok.com/shin3yyaa

Hal ini terungkap dari komentar warganet yang menjelaskan bahwa di beberapa sekolah terdapat tradisi bagi siswa yang mendapatkan nilai tertinggi akan berdandan selayaknya seorang pengantin.

Bahkan, ada yang menyebut bahwa terdapat tradisi adat siswa yang mendapatkan nilai terbaik akan melakukan sungkeman kepada kepala sekolah atau guru saat acara wisuda.

Meski begitu, belum banyak warganet yang mengetahui tradisi adat di video yang telah viral dan telah ditonton sebanyak lebih dari 9,6 juta kali itu. Alhasil, video ini menuai berbagai tanggapan warganet di kolom komentarnya.

4 dari 5 halaman

“ wisuda bablasan KUA,” tulis akun @adi.

“ gw GE baru liat soalnya di gw kalo perwakilan gitu yuadah biasa gitu mm maksud ny gak semirip pengantin beneran,” tulis akun @chuu.

“ Pasti klo daerah jawa barat graduation ada acara adat nya ada yang jadi penganten nya biasanya ada acara sungkem sama kepala sekolah atau guru itu dia,” tulis akun @kyu di kolom komentar.

“ betul banget, saya dulu juga gitu, malahan dari PAUD, SD, SMP, SMK, perwakilan cewe 1,cowo 1,di ambil dari nilai yang tertinggi,” tulis akun @sss menanggapi.

“ ohh disekolah gua ngak ngebadain mana nilai tinggi apa kagak sih😂 jadi ngakak aja,” tulis akun @Xnuxer. (NH)

Beri Komentar