Sistem Android Bakal Tinggalkan Password

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 27 Februari 2019 15:16
Sistem Android Bakal Tinggalkan Password
Perubahan itu hanya akan memengaruhi perangkat yang menjalankan Android 7, atau Nougat dan versi yang lebih tinggi.

Dream - Mesin perambah raksasa, Google, yang bekerja sama dengan Aliansi Fast Identity Online menyatakan Android kini telah bersertifikat FIDO2. Dengan sertifikat ini, Android selangkah lagi akan meninggalkan sistem penguncian menggunakan kata sandi.

Sebagai gantinya, Android akan menggunakan sistem kunci sidik jari. Sertifikasi ini diluncurkan pada Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Perubahan itu hanya akan memengaruhi perangkat yang menjalankan Android 7, atau Nougat dan versi yang lebih tinggi.

Dilaporkan CNet, perangkat Android yang sudah menjalankan versi Nougat cukup memperbarui sistem melalui Layanan Google Play otomatis.

Penggunaan sidik jari atau kunci keamanan sudah tersedia untuk beberapa aplikasi di Android. Terutama untuk perbankan dan layanan keuangan lainnya.

Perubahan ini membuka fitur keamanan untuk pengembang Android mana pun, memungkinkan untuk login tanpa kata sandi pada perambah dunia maya dan aplikasi seluler sistem operasi.

Pengembangan sistem sidik jari ini merupakan solusi atas masalah keamanan kata sandi yang mudah dicuri dan dijual ke penggali data. Kata sandi bahkan lebih tidak efektif seandainya digunakan di banyak akun.

 

1 dari 1 halaman

Diklaim lebih aman

Tidak seperti kata sandi, sidik jari dan kunci keamanan jauh lebih sulit untuk dicuri secara online.

" Dengan berita dari Google ini, jumlah pengguna dengan kemampuan Otentikasi FIDO telah tumbuh secara dramatis dan tegas," kata Brett McDowell, direktur eksekutif Aliansi FIDO, dalam sebuah pernyataan.

" Bersama dengan peramban laman terkemuka yang sudah memenuhi persyaratan FIDO2, sekarang saatnya pengembang laman untuk membebaskan penggunanya dari risiko dan kerumitan kata sandi," ujar dia menambahkan.

Peramban semisal, Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox sudah mendukung standar FIDO2.

Selain pengembangan sidik jari, standar keamanan juga akan memeriksa apakah halaman yang dikunjungi merupakan situs palsu atau tidak. Sebab, peretas sering memalsukan halaman palsu untuk menggali informasi kata sandi milik pengguna. (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone