Kecanggihan S21 Ultra 5G untuk Content Creator Bersama Galaxy Movie Studio

Reporter : Putu Monik Arindasari
Kamis, 18 Maret 2021 12:26
Kecanggihan S21 Ultra 5G untuk Content Creator Bersama Galaxy Movie Studio
Lewat gawai Samsung ini mereka bisa membuat konten video epic lewat berbagai fitur canggih.

Dream - Galaxy Movie Studio di tahun ketiga kembali menghadirkan teknologi terbarunya, kini dari Galaxy S21 Ultra 5G yang cocok untuk para social expressor, content creator dan juga para sineas muda yang ingin mengekspresikan diri melalui video.

Sineas muda di Samsung Galaxy Media merasakan bentul kehebatan dan keunggulan fitur videografi yang ada di Galaxy S21 Ultra 5G. Lewat gawai ini mereka bisa membuat konten video epic lewat berbagai fitur canggih.

Mereka adalah Rezy Junio Bernessa sebagai pemenang kategori Best Picture, Hasna Rafida Sari sebagai pemenang kategori Best Cinematography dan Kenza Luthfiani sebagai pemenang kategori People’s Choice di ajang Galaxy Movie Studio 2020.

Hadir sejak 2019, Galaxy Movie Studio memungkinkan peserta untuk belajar menghasilkan konten terbaik bersama para pakar di bidangnya. Ketiga finalis kembali ditantang untuk membuat video bertema 'Finding Oneself through Epic Journey' dengan memakai perangkat Galaxy S21 Ultra 5G yang epic.

Galaxy S21 Ultra 5G© Shutterstock.com

Menurut para finalis Samsung Galaxy Media 2021, ponsel pintar Galaxy S21 Ultra 5G yang digunakan selama membuat video sangat memudahkan mereka. Mulai dari proses pengambilan gambar hingga editing.

Galaxy S21 Ultra 5G mengusung fitur-fitur unggulan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Ponsel ini dibekali dengan empat kamera belakang antara lain Ultra-Wide Angle 12MP, Telephoto 10MP dan Periskop Tele 10MP dan Wide Angle 108MP yang mampu merekam video beresolusi 8K.

1 dari 4 halaman

Fitur Pro Video Mode

Sahabat Dream akan dibuat jatuh cinta dengan fitur Pro Video Mode yang terdapat di dalam kamera Galaxy S21 Ultra 5G. Fitur ini dapat memberi efek sinematik pada hasil rekaman video pendek maupun panjang.

Kalau ingin merekam video yang mulus dan tampak natural, tersedia pilihan rekam dengan kecepatan 24 fps (frame per second) dengan resolusi 8K dan aspek rasio tampilan 21:9.

Resolusi 8K ini dipaketkan dengan kemampuan Pro-Grade Focus, audio, exposure, pencahayaan dan zoom 120 fps, untuk menghasilkan rekaman yang super mulus dan detail yang terekam jelas.

Galaxy S21 Ultra 5G© Shutterstock.com

Gunakan fitur zoom yang bisa diatur untuk membuat kesan dramatis pada rekaman video. Gerak dan kecepatan zooming bisa diatur untuk mencapai efek dramatis yang diinginkan. Ketika diputar ulang Galaxy S21 Ultra 5G akan secara otomatis memindahkan ke sajian 120 Hz untuk tampilan sinematis penuh.

Untuk mengatur resolusi video, masuk ke menu Pro Video Size, dan pilih ukuran video yang diinginkan. Rekam 120 fps hanya tersedia untuk FHD dengan aspek rasio tampilan 16:9 dan 21:9.

Sementara untuk mengatur kecepatan zooming, masuk ke menu More, lalu pilih Pro Video, lalu tap untuk mulai merekam. Kemudian tap dan tarik handle (pada layar) untuk mengatur kecepatan zoom. Makin dekat handle ke center (tengah), makin lambat gerakan zoom. Sebaliknya, makin jauh handle dari pusat, makin cepat gerakan zoom.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G© Shutterstock.com

Perekaman video berkualitas 8K terasa cukup stabil berkat dukungan Electronic Image Stabilization (EIS) dalam kondisi pengambilan video minim cahaya.

Layar tipe Super Amoled 1080 x 2400 pixels HDR10+ akan menampilkan hasil video yang terlihat hidup. Ketika memutar video, layar Galaxy S21 Ultra 5G akan menggunakan refresh rate 120 Hz untuk memperlihatkan efek sinematik.

Hasil video Galaxy S21 Ultra 5G juga dapat langsung dinikmati dari Samsung QLED Smart 8K TV. Sahabat Dream akan menyaksikan langsung hasil video dengan kualitas terbaik.

2 dari 4 halaman

Fitur Director's View dan Vlogger Mode

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G hadir turut membawa fitur andalan Director's View. Fitur ini dapat digunakan untuk merekam video dengan seluruh kamera sekaligus.

Pengguna dapat dengan mudah memilih lensa mana yang akan mereka gunakan untuk mengambil video. Mulai dari telephoto 10MP, wide angle 108MP hingga ultra wide angle 12MP.

Galaxy S21 Ultra 5G© Shutterstock.com

Setiap kamera punya karakteristik berbeda-beda. Kamera wide angle 108MP mampu menangkap video dengan sangat jernih bak kamera profesional dengan kualitas video hingga resolusi 8K.

Kemudian ada ultra wide angle 12MP yang dapat mengambil gambar luas hingga 120 derajat. Selain itu, pengguna juga dapat memakai telephoto dan periskop tele yang memiliki fitur 3-10x optical zoom.

Selain Director's View, ada juga Vlogger Mode untuk merekam menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Fitur ini memastikan setiap momen tidak akan terlewatkan, termasuk reaksi Sahabat Dream pada kamera depan ketika merekam video.

3 dari 4 halaman

Audio Sejernih Kristal

Kualitas visual saja tidaklah cukup. Faktor audio memberi poin plus untuk sebuah konten video. Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi kemampuan rekam audio yang juga ciamik.

Untuk hasil rekaman yang lebih maksimal, Galaxy S21 Ultra 5G dapat dikoneksikan dengan Galaxy Buds Pro yang berfungsi sebagai mikrofon rekam professional.

True Wireless Stereo (TWS) ini menghasilkan rekaman audio yang sejernih kristal meski direkam di tengah suasana bising. Fitur Active Noise Cancelling pada earphone ini menghasilkan efek peredaman suara yang maksimal.

Sahabat Dream dapat mengatur dari mana arah datangnya suara. Posisikan mic ke salah satu sudut yang diinginkan untuk mendapatkan audio yang lebih jlas dari arah tersebut. Cara ini juga dapat meminimalisir suara sekitar yang mengganggu (noise).

Galaxy S21 Ultra 5G© Shutterstock.com

Level volume masukan audio juga bisa diatur selama merekam video. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menghasilkan rekaman video dengan audio yang pas tanpa perlu diedit ulang.

Kecanggihan kamera yang didukung dengan kualitas rekaman audio membuat Galaxy S21 Ultra 5G dapat diandalkan untuk membuat konten berkualitas. Hasilnya tak kalah menawan dari kamera profesional.

Selain itu, fitur-fitur canggih di dalam Galaxy S21 Ultra 5G tentunya semakin memudahkan para sineas muda di Galaxy Movie Studio menghasilkan video layaknya sebuah film.

4 dari 4 halaman

Sang Pemenang

Setelah melewati proses penjurian yang cukup alot. Akhirnya Kenza Lutfhiani keluar sebagai pemenang utama Galaxy Movie Studio 2021.

Ia mendapatkan kesempatan membuat film pendek Galaxy Movie Studio 2021 “ The Epic Movie” menggunakan Galaxy S1 Ultra 5G, bersama dengan sutradara yang akan segera diumumkan segera.

Pemenang dari kompetisi tahun ini yang akan melanjutkan kesempatannya untuk belajar dan terjun secara langsung, dalam pembuatan film yang profesional bersama dengan salah satu sutradara profesional Indonesia yang karyanya selalu ditunggu- tunggu.

Kenza Lutfhiani© Istimewa

Setelah rangkaian Galaxy Movie Studio yang dijalani, Kenza merasakan perubahan skill terutama dari segi pembuatan film. Mungkin dulu hanya gemar menonton film-film, namun akhirnya bisa mendapatkan insight dari para film maker di Indonesia dan membawanya berhasil membuat film pendek karya dia sendiri.

Menurut Kenza, selama proses pembuatan film yang dilakukan, smartphone Samsung sangat membantu terutama dari segi kualitas kameranya. Proses syuting menjadi cepat karena kualitas yang memang sudah sangat bagus.

" Saya tentunya sangat ingin mendapatkan kesempatan mengasah kemampuan lebih dalam bersama dengan sutradara sungguhan. Tapi saya berharap dengan pengalaman yang dimilki sekarang dapat terus menghasilkan karya berkelanjutan," kata pemenang kategori People’s Choice, Galaxy Movie Studio 2020.

Galaxy Movie Studio 2021© Istimewa

Pemenang yang terpilih dinilai berdasarkan cerita, visual, dan juga talent yang epik, serta bagaimana fitur yang ada pada Galaxy S21 Ultra 5G dapat membantu menghasilkan satu kesatuan film pendek yang epik.

Mereka telah mengirimkan karya film pendek terbaru mereka yaitu:

Reza Junio Barnessa : Stay Longer
Hasna Rafida Sari : Jerau
Kenza Lutfhiani : Do You Want To Get Out

Pemenang Galaxy Movie Studio 2021:

The Epic Winner : Kenza Lutfhiani - Do You Want To Get Out

Jangan lewatkan momen epic bersama Galaxy Movie Studio 2021 melalui sosial media Samsung indonesia @SamsungIndonesia #GalaxyMovieStudio2021. Stay Tuned!

Beri Komentar