Sambut Lebaran, Telkom Group Pastikan Layanan Telekomunikasi Prima

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 Mei 2021 06:45
Sambut Lebaran, Telkom Group Pastikan Layanan Telekomunikasi Prima
Trafik telekomunikasi diprediksi meningkat selama Lebaran di tengah pandemi COVID-19.

Dream – Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) terus mempersiapkan upaya pengamanan infrastruktur untuk memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap prima.

Dikutip dari keterangan tertulis Telkomsel, Senin 10 Mei 2201, selain mengawal kualitas jaringan dan mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi nasional, TelkomGroup menyiagakan Posko TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021. TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021 merupakan rangkaian kegiatan tahunan dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri.

Program ini diselenggarakan secara nasional hingga seluruh Telkom Regional dalam tema besar “ Tetap Terhubung dan Terlindung” dengan tiga program utama yakni Layanan Prima, Paket Khusus, dan Telkom Berbagi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak awal Ramadan hingga beberapa hari setelah Idul Fitri.

Sebanyak 88 posko dioperasikan oleh lebih dari 20 ribu petugas yang standby 24x7 baik nasional, Telkom Regional, divisi fungsi atau unit bisnis hingga anak perusahaan telah disiagakan Telkom untuk memonitor kualitas layanan TelkomGroup hingga tanggal 18 Mei 2021. Seluruh petugas posko memantau layanan TelkomGroup secara digital melalui aplikasi.

1 dari 2 halaman

Trafik Telekomunikasi Diprediksi Meningkat Menjelang Lebaran

Direktur Network and IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, mengatakan, selama pandemi dan ada larangan mudik, trafik telekomunikasi berpotensi meningkat. Masyarakat akan mengandalkan konektivitas untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

“ Kami berkomitmen untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat,” kata Herlan di Jakarta.

Perusahaan telekomunikasi ini memberikan layanan yang prima dan berkualitas yang dimonitor rutin melalui posko layanan yang terintegrasi. “ Dengan konektivitas yang andal, semoga masyarakat dapat berkomunikasi dengan mudah, baik melalui telepon, video conference, hingga berbagi konten Lebaran,” kata dia.

Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang mendedikasikan diri untuk mengawal layanan TelkomGroup meskipun merayakan Hari Raya. Dia juga meminta para petugas untuk fokus kepada empat hal, yaitu disiplin operasi, quick response, quick action, serta mengutamakan keselamatan dan keamanan.

2 dari 2 halaman

Progres Pemulihan Layanan di Jayapura

Sekadar informasi, layanan TelkomGroup sempat terganggu di Jayapura, Papua. Hal ini disebabkan oleh putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi.

“ Alhamdulillah, kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up, mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat,” kata Herlan.

Selain itu, kami juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat untuk menyambung dan memperbaiki kabel yang putus.

Total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura mencapai 2,007 Gbps. Perusahaan pelat merah terus mengupayakan kapasitas semakin meningkat. Caranya dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan.

“ Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses perbaikan berjalan lancar dan masyarakat Jayapura dapat memperoleh layanan seperti sedia kala secepatnya,” kata dia.

Beri Komentar