Viral Uang Rp75 Ribu Bisa 'Nyanyi’ Indonesia Raya, Ternyata Ini Rahasianya

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 29 September 2020 08:12
Viral Uang Rp75 Ribu Bisa 'Nyanyi’ Indonesia Raya, Ternyata Ini Rahasianya
Sudahkah kamu mencobanya di rumah?

Dream - Uang pecahan Rp75 ribu sempat menghebohkan publik karena dicetak khusus untuk memeringati Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Uang tersebut banyak diburu untuk koleksi atau sekedar pamer belaka.

Baru-baru ini, uang pecahan istimewa tersebut kembali membuat heboh publik. Ternyata, uang edisi khusus ini menyimpan fitur canggih di dalamnya. Dengan fitur tersebut, uang baru itu bisa bernyanyi lagu Indonesia Raya. Hal tersebut diketahui lewat unggahan video tiktok @ahhhmeelyaaa.

Video itu memperlihatkan fitur augmented reality (AR) yang ditemui dari nominal Rp75 ribu. Fitur augmented reality (AR) atau dalam KBBI disebut realitas berimbuh adalah teknologi yang memadukan tampilan dua atau tiga dimensi yang nantinya diproyeksikan ke dalam tangkapan layar untuk membentuk kesan nyata. Alhasil, uang tersebut tampak mengeluarkan lantunan lagu Indonesia Raya.

1 dari 4 halaman

Bernyanyi Lagu Indonesia Raya

Berangkat dari eksperimennya ini, siapa menyangka wanita tersebut menemukan hal tidak terduga lewat pecahan nominal Rp75 ribu ini. Untuk membuka video ini, tak bisa dengan mata telanjang, melainkan lewat sebuah aplikasi bernama Ivive.

Didukung dengan aplikasi Ivivelembaran uang tersebut sukses diproyeksikan menjadi cuplikan video lagu Indonesia Raya. Tampak dari tangkapan layar, kelompok paduan suara yang kemarin ikut memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia. Alhasil, perempuan tersebut terkejut dengan hasilnya. 

viral uang 75 ribu nyanyi© Foto : Tiktok/ahhhmeelyaaa

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakannya

Caranya adalah membuka aplikasi Ivive lalu akan terbuka layar seperti layaknya kita mau mengambil foto atau video di smartphone. Lalu arahkan kamera ke arah uang baru edisi khusus Kemerdekaan RI 75 Tahun. Dalam hitungan detik, maka akan muncul barisan paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ivive sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Vienna, Austria. Ivive merupakan Aplikasi augmented reality (AR) yang memungkinkan seniman menambahkan dimensi digital pada barang fisik.

viral uang 75 ribu nyanyi© Foto : Tiktok/ahhhmeelyaaa

3 dari 4 halaman

Warganet Takjub

Unggahan tersebut sukses memukau warganet. Sebagian dari mereka belum banyak yang tahu rahasia di balik uang pecahan nominal Rp75 ribu ini. Mereka juga banyak yang menanggapi dengan turut mempraktikkannya lewat aplikasi tersebut.

" OMG...gils keren banget, plis yang punya uang ini jangan diuntel-untel ya,"  tulis akun @lalalallevi.

" Sumpah langsung dicoba, bisa dong keren banget," balas akun @hakamsr.

" Uang 75k ini cerdas, secara tidak langsung meningkatkan nilai uang Indonesia, pasti banyak yang beli dan nggak dipakai. Smart!"  ucap akun @celinedionku.

 

 

Beri Komentar