Cara Kembalikan Kesehatan Kulit Setelah Pulih dari Infeksi Covid-19

Reporter : Putu Monik Arindasari
Senin, 31 Mei 2021 16:33
Cara Kembalikan Kesehatan Kulit Setelah Pulih dari Infeksi Covid-19
Tapi tenang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk kembali mendapat tampilan kulit yang menawan pasca pulih dari Covid-19. Lalu bagaimana caranya?

Dream - Pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Menjaga kesehatan pun jadi hal penting yang harus dilakukan saat ini. Selain kesehatan tubuh, kesehatan kulit juga harus jadi perhatian.

Menurut timesofindia.indiatimes.com, Corona Virus 2 (SARS-Cov-2) menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah. Sindrom ini berkaitan dengan ruam merah di seluruh tubuh (ruam morbilliform).

Tak hanya itu, hal tersebut juga terkait dengan beberapa reaksi hipersensitivitas seperti urtikaria. Pada akhirnya, banyak pasien yang telah pulih mengalami masalah kulit seperti kemerahan pada telapak tangan dan telapak kaki.

Tapi tenang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk kembali mendapat tampilan kulit yang menawan pasca pulih dari Covid-19. Lalu bagaimana caranya?

1 dari 4 halaman

Konsumsi Makanan Ini

Konsumsi Makanan Ini© Shutterstock

Mulai harimu dengan mengonsumsi infused tea dengan kandungan herbal, sup dari rempah seperti rosemary dan smoothies. Makanan ini dapat kamu hidangkan sebagai sajian pembuka.

Makanan Bergizi dan Olahraga Ringan

Olahraga Ringan© Shutterstock

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan makanan yang mudah dicerna. Lakukan olahraga ringan serta latihan pernafasan sesuai pentunjuk dokter.

2 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan Kulit

Diet sehat dan suplemen tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, namun memberikan dampak positif bagi kulit. Minum suplemen zink dan vitamin c secara teratur.

Jaga Kesehatan Kulit© Shutterstock

Kamu juga bisa mengaplikasikan serum vitamin c pada wajah. Kandungan krim malam dengan acai berry dan minyak nutmeg juga bisa kamu pilih karena dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih cerah.

Rutin Ganti Makser

Penggunaan masker secara terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan berpotensi menimbulkan banyak ruam di wajah. Masker tidak hanya membuat kulit menjadi iritasi.

Rutin Ganti Masker© Shutterstock

Penggunaan masker rentan membuat kondisi kulit lebih hangan dan lempap, hal ini berpotensi menyebabkan jerawat dapat berkembang. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengganti masker secara berkala.

(Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

3 dari 4 halaman

Tutorial Merawat Kulit Agar Mulus dan Sehat Seperti Wanita Korea

Dream - Pesona wanita Korea masih memikat banyak orang di seluruh dunia, maklum wajah mereka terlihat sangat mulus dan terawat.

Tidak hanya itu, kulitnya juga terlihat lembap, cerah, dan kenyal. Maka, tak heran jika banyak orang yang mengincar produk perawatan Korea agar bisa memiliki kondisi kulit serupa.

Meski begitu, kamu tidak bisa semerta-merta bisa mendapatkan kulit serupa dengan memakai produk yang sama.

Kamu harus menyesuaikan produk yang digunakan dengan kondisi kulitmu. Dilansir Times of India, berikut tips merawat kulit ala wanita Korea.

4 dari 4 halaman

Tutorial merawat kulit ala wanita Korea

1. Lakukan double cleansing menggunakan pembersih berbasis minyak terlebih dulu. Lalu, gunakan facial wash sesuai jenis kulit.

2. Eksfoliasi wajah seminggu sekali menggunakan scrub wajah atau chemical exfoliator.

3. Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH, menyamarkan pori-pori serta membersihkan kulit secara maksimal.

4. Selanjutnya, pakailah serum yang berbasis minyak sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Perhatikan kandungannya agar perawatanmu lebih optimal.

5. Aplikasikan pelembap yang sesuai jenis kulitmu. Jika kulitmu berminyak, gunakan pelembap yang ringan dan mudah menyerap.

Jika kulitmu mudah berjerawat, gunakan pelembap yang bersifat non-comedogenic. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan pelembap yang bertekstur lembut dan agak tebal.

6. Lalu, aplikasikan tabir surya dengan SPF 30 yang mampu melindungi dari sinar UVA dan UVB. Jangan lupa aplikasikan kembali setiap 2-4 jam sekali.

Beri Komentar