Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 7 November 2019 18:50
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel
Flek hitam memang mengganggu penampilan kita di depan umum. Walaupun cukup mengganggu, flek hitam di wajah bukan tidak mungkin untuk diatasi.

Dream - Kulit di wajah adalah bagian yang sensitif. Maka dari itu, wajah mudah sekali kotor atau mengalami masalah. Masalah di wajah tidak hanya karena jerawat, ada juga flek hitam di wajah.

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher.

Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih.

Banyak metode yang dapat kamu lakukan guna menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Cara menghilangkan flek hitam di wajah tidaklah susah. Pola hidup yang sehat juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Berhenti Memencet Jerawat

Flek hitam pada kulit wajah kita bisa muncul sebagai reaksi dari kulit kita setelah mengalami luka. Jerawat dianggap oleh sistem kekebalan kulit wajah sebagai kerusakan kulit yang harus dilawan sehingga setelah muncul jerawat, biasanya juga muncul flek hitam.

Ketika kamu memencet jerawat, kulitmu akan semakin rusak sehingga membuat flek hitam yang muncul semakin besar dan gelap. Maka dari itu, berhenti memencet jerawat sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Cara menghilangkan flek hitam di wajah berikutnya yaitu dengan sering menggunakan tabir surya. Tabir surya biasanya mengandung zinc oxide dan titanium oxide yang menghalang sebagian besar sinar UV penyebab flek hitam di wajahmu.

Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memblokir zat-zat yang merusak kulit sebelum menyerang kulit kita dan menimbulkan dampak seperti kerutan atau flek hitam.

Selain itu, vitamin C juga memperlambat proses produksi melanin pada kulit. Melanin inilah yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam.

2 dari 4 halaman

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Banyak metode yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Metode secara alami lebih populer karena lebih aman dan sehat bagi wajah. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Lidah Buaya

Sudah tidak diragukan lagi khasiat lidah buaya di dunia kecantikan. Gel lidah buaya memiliki kandungan polisakarida yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta dapat menyamarkan flek hitam.

Cara penggunaannya cukup cuci bersih lidah buaya, kemudian potong bagian sisi lidah dan ambil gelnya. Lalu oleskan gel tersebut ke wajah yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin dan wajah kamu akan bersih dari flek hitam.

Putih Telur

Selain jerawat, putih telur juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah, siapkan putih telur, lalu oleskan ke wajah yang terdapat flek hitam, diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci muka dengan air bersih. Jika tidak menyukai bau amis dari telur, kamu bisa menambahkan sedikit madu atau jeruk nipis.

Kentang

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami berikutnya yaitu dengan kentang. Kandungan zat tepung dan enzim di dalamnya berfungsi untuk mengurangi pigmentasi pada kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah, potong tipis-tipis kentang, kemudian letakkan potongan tersebut dipermukaan kulit yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa menit, kemudian cuci muka dengan air bersih.

Pepaya

Pepaya mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Selain itu pepaya juga membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Maka dari itu pepaya sangat cocok sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan pepaya, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air bersih. Lakukan secara rutin, 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Bawang Merah

Bahan dapur satu ini ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya haluskan terlebih dahulu bawang merah, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu

Siapa yang tak tahu bahwa madu merupakan bahan alami yang begitu terkenal di dunia kecantikan. Madu ini bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya, kamu gunakan madu sebagai masker wajah diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika kamu rutin menggunakannya, maka akan sangat membantu untuk membersihkan wajahmu dari flek hitam.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Penggunaan produk KB, baik itu pil atau suntik, menimbulkan efek samping seperti flek hitam di wajah. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB.

Teh

Teh bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB. Cara nya cukup mudah, pertama biarkan sisa rendaman teh bertahan semalaman. Lalu usapkan air hasil rendaman teh tersebut ke bagian wajah yang ada flek hitamnya. Diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.

Bengkoang

Penggunaan bengkoang dalam berbagai perawatan kulit sudah bukan hal baru bagi kebanyakan orang. Caranya cukup mudah, pertama blender atau parut buah bengkoang. Lumuri wajah dengan bengkoang yang sudah diblender atau diparut tersebut. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mentimun

Mentimun juga bisa menghilangkan flek hitam akibat KB. Caranya cukup mudah, cuci sampai bersih satu buah timun. Parut timun tersebut hingga dapat dijadikan masker. Tempelkan masker timun tersebut pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara