5 Street Food Paling Populer di Istanbul

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 2 Desember 2022 07:35
5 Street Food Paling Populer di Istanbul
Kamu bisa nikmati Istanbul dengan ragam kuliner pinggir jalan yang begitu menggoda.

Dream - Sebagai salah satu kota paling menarik di dunia dalam hal geografi, budaya, dan sejarah, Istanbul juga terkenal dengan street food atau makanan pinggir jalan yang lezat dan beragam.

Warisan berlimpah Istanbul menjadi pengaruh budaya yang berbeda sepanjang zaman. Istanbul semakin mencorong reputasinya di bidang kuliner setelah dinobatkan sebagai kota tujuan internasional ke-38 dari Michelin Guide.

Dijamin enggak akan kelaparan, pengunjung bisa menyantap segala menu kuliner, mulai dari camilan hingga hidangan yang bisa dinikmati bersama partner traveling.

Kira-kira apakah ada sajian lezat khas Istanbul yang cuma bisa dinikmati di kota aslinya? Kita simak referensi berikut ini!

1 dari 4 halaman

Doner

Sekarang menjadi makanan pokok, doner adalah street food paling terkenal di kota ini. Lebih dari makanan ringan, doner adalah roti isi atau roti pipih yang penuh sayuran hijau, tomat, bawang, dan daging panggang.

Ilustrasi© Shutterstock

Contoh doner kebab paling enak juga tersedia di restoran sebagai hidangan utama yang disajikan dengan nasi. Tak cuma itu saja, sajian ini juga bisa kamu temukan di distrik bersejarah seperti Sultanahmet, Eminönü, Beşiktaş dan Üsküdar di İstanbul. Doner dibuat dengan daging domba, sapi atau ayam.

2 dari 4 halaman

Simit

Simit dapat bisa kamu dapatkan di daerah İstanbul, karena di sana sangat banyak tersebar di pinggir jalan. Menurut Kamus Bahasa Inggris Oxford, simit adalah sejenis roti gulung berbentuk cincin yang berasal dari Türkiye, biasanya dilapisi dengan molase dan bertatahkan biji wijen sebelum dipanggang.

Ilustrasi© Shutterstock

Di sini, Simits mudah kamu temui karena dijual di toko roti, restoran, serta di gerobak di setiap blok.

Roti berlapis biji wijen yang lezat ini mengharumkan udara dengan aroma yang menyenangkan dan menjadi favorit penduduk İstanbul sebagai camilan yang terjangkau dan mengenyangkan.

3 dari 4 halaman

Chestnut (Kestane)

‘Roasted Chestnuts’ menandakan awal musim gugur di jalan-jalan Istanbul. Saat musim berganti, jalan-jalan kota menjadi harum dengan aroma chestnut yang dimasak di atas api yang panas.

Sehat dan lezat, potongan chestnut kecil ini dapat menghangatkan tangan dan perut. Makanan ini juga bisa kamu temui di hampir setiap blok jalan yang ramai seperti Istiklal, Bagdat dan Bahariye.

Ilustrasi© Shutterstock

4 dari 4 halaman

Ayam dan Nasi (Tavuklu Pilav)

Hidangan ayam dan nasi yang lezat ini adalah street food favorit untuk para wisatawan dan warga lokal. Biasanya dihidangkan dari gerobak keliling, Tavuklu Pilav berisikan nasi putih atau nasi dengan buncis dengan irisan ayam rebus di atasnya.

Ilustrasi© Shutterstock

Menu ini dapat kamu santap di tempat secara langsung atau kamu bawa pulang, jangan lupa santap Tavuklu Pilav dengan tambahan acar sekaligus minuman yoghurt tradisional Turki yang diisi dengan probiotik.

Jus Acar (Turşu Suyu)

Manfaat jus acar tidak diragukan lagi karena cocok untuk kesehatan dan dapat ditemukan di jalan-jalan Istanbul. Rasanya yang tajam dan sedikit asin, jus acar disajikan dengan acar cincang halus dalam gelas kecil.

Ilustrasi© Shutterstock

Minuman ini melanjutkan tradisi pengawetan kota yang telah berusia berabad-abad. Kamu bisa dengan mudah membeli jus acar dari gerobak keliling dan di bazar dan pasar Istanbul.

Sumber: Thepeninsulaqatar, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar