5 Wisata Tersembunyi di Kota Raha Sulawesi Tenggara

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 1 Desember 2022 13:45
5 Wisata Tersembunyi di Kota Raha Sulawesi Tenggara
Beberapa objek wisata di Kota Raha Sulawesi Tenggara jadi salah satu rekomendasi para wisatawan lokal.

Dream - Raha merupakan kota baru dari pemekaran Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Memiliki pemandangan yang super indah, tidak hanya wisata alamnya saja yang akan memanjakan mata saat mengunjunginya, tetapi terdapat wisata bangunan bersejarah dapat kamu kunjungi dan pelajari sebagai ilmu dan wawasan baru.

Beberapa objek wisata di Kota Raha jadi salah satu rekomendasi para wisatawan lokal. Kota Raha memiliki empat kecamatan di antaranya Katobu, Balataiworu, Duraka, dan Lasalepa, dengan berbagai potensi tempat wisata di Kabupaten Muna.

Berikut beberapa rekomendasi wisata yang ada di Kota Raha maupun di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

1 dari 3 halaman

Telaga Biru Moko

Telaga Biru Moko merupakan destinasi wisata terletak di Desa Walengkabola, Kecamatan Tangkuno, Kabupaten Muna. Masyarakat sekitar lebih sering menyebut wisata ini dengan Danau Penyu karena memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Selain itu, air Telaga Biru Moko ini terkenal sangat jernih sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung dasar yang ada di pinggiran telaga.

Untuk sebagian wisatawan yang baru datang ke tempat ini, mereka menganggap Telaga Biru Moko terlihat dangkal. Namun ternyata salah, Telaga Biru Moko ini memiliki kedalaman 12 meter.

Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Telaga Biru Moko diharapkan berhati-hati.

Di dalam danau ini, ada seekor penyu tua yang jinak dan sering kali jadi penghibur bagi para penyelam dan daya tarik wisatawan.

Para penyelam dan wisatawan yang datang sering kali mengambil foto dengan penyu ini di dalam air dan sekaligus spot-spot yang Instagramable di dalam air.

2 dari 3 halaman

Pemandian Air Mata Jompi

Mata air yang terletak di hutan kota Warangga Kecamatan Laende Kabupaten Muna ini jadi sumber kehidupan karena kejernihan airnya yang sering dimanfaatkan warga sekitar.

Tak ketinggalan pemandangan yang ada di mata air yang berwarna hijau ini sangat menyejukan hati dan menenangkan pikiran.

Puncak Mangkeluno

Puncak Mangkeluno memiliki suasana sejuk dengan pemandangan alam hijaunya yang dapat kamu rasakan. Terletak di Desa Wabintingi, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, kamu bisa tempuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Kota Raha.

Kamu juga bisa berfoto-foto di Puncak Mangkeluno karena banyak spot-spot foto yang menarik. Dari atas Puncak Mangkeluno kamu bisa menikmati pemandangan Selat Buton yang biru sambil ditemani hembusan angin.

3 dari 3 halaman

Puncak Kars Masalili

Terletak di Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga dengan jarak 20 menit dari Kota Raha. Ada belasan bukit kapur yang berdiri kokoh di antara perkebunan para petani dan bukit ini terlihat seperti gugusan bukit karst yang sangat terkenal di Guilin, China.

Daerah Puncak Kars Masalili sering dijadikan sebagai area wall climbing jika cuaca cerah.

Pantai Meleura

Pantai Meleura seringkali disamakan dengan Raja Ampat Papua karena keindahan alamnya tidak jauh berbeda. Pantai Meleura pun digadang-gadang menjadi lokasi wisata unggulan oleh pemerintah Kabupaten Muna.

Gugusan pasir putih ditemani air laut yang biru serta ombak yang tenang, Pantai Meleura sangat pas bagi kamu yang gemar beraktivitas air seperti berenang ataupun aktivitas air lainnya.

Sumber: Liputan6.com

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar