Eksplorasi Seru di Desa Pentingsari, Yogyakarta

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 4 Desember 2022 07:20
Eksplorasi Seru di Desa Pentingsari, Yogyakarta
Yuk eksplorasi Yogyakarta lebih dalam lagi!

Dream - Siapa yang merasa kalau liburan di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta itu nggak ada kata bosan?

Selain memiliki ragam wisata, kuliner lezat, dan pemandangan indah, hangatnya warga Yogyakarta dalam menyambut para turis juga jadi magnet wisatawan untuk datang Yogyakarta berkali-kali.

Jika Jalan Malioboro jadi tujuan wajib para traveler, maka jangan lupa untuk menyisakan waktu liburanmu untuk menikmati Desa Wisata Pentingsari yang terkenal di kalangan turis asing dan domestik.

Desa Wisata Pentingsari berada di Umbulharjo, Sleman dan hanya berjarak 12,5 km dari puncak Gunung Merapi. Berkat lokasinya yang strategis, pemandangan di Desa Wisata Pentingsari pun sangat cantik.

Ilustrasi© Shutterstock

Saat melakukan perjalanan ke Desa Wisata Pentingsari, kamu bisa berkunjung ke Joglo Herbal. Seperti namanya, Joglo Herbal ini merupakan kebun tanaman herbal yang biasanya dijadikan obat tradisional.

1 dari 3 halaman

Contoh tanaman herbal yang ada di Joglo Herbal ini adalah jahe, daun paitan untuk pengobatan diabetes, dan lainnya. Kamu juga bisa konsultasi seputar pengobatan tradisional di sini, lho!

Di Joglo Herbal kamu bisa mengenal banyak pelaku ekonomi kreatif yang memiliki produk-produk unggulan, misalnya usaha keripik jamur tiram yang pengemasan dan kualitas rasanya sudah pasti terjamin.

Selain itu, ada juga cemilan khas keripik lezat yang biasanya dibuat berdasarkan musim yang sedang berlangsung, misalnya keripik nangka atau keripik salak.

Nah, untuk kamu pecinta kopi, di sini juga tersedia berbagai jenis kopi seperti, kopi arabika, kopi robusta, dan kopi wine yang dibuat dengan teknik peragian seperti anggur fermentasi.

2 dari 3 halaman

Cara seru menikmati Desa Wisata Pentingsari

Yang nggak kalah menariknya, di sini kamu bisa merasakan keseruan jalan-jalan keliling desa dan sekitarnya dengan campervan.

Yup, campervan ini sudah dilengkapi fasilitas aliran listrik dan kamar mandi di dalam mobilnya. Biasanya pengunjung yang memilih eksplorasi Desa Wisata Pentingsari dengan campervan ini akan menginap di sekitar Sungai Pawon atau Sungai Kuning.

Ilustrasi© Shutterstock

Atau kamu juga mau merasakan semua keseruan di Desa Wisata Pentingsari secara lengkap, kamu bisa mengikuti program “ live in”.

Di program ini, kamu dapat merasakan pengalaman tinggal dan menjalani rutinitas selayaknya warga lokal.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain seperti, pergi ke sawah, trekking menyusur sungai, belajar menari, membuat batik atau bermain gamelan, serta membuat aneka olahan makanan di tempat usaha rumahan tempe milik warga lokal.

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan penginapan?

Ilustrasi© Shutterstock

Setelah lelah berkeliling dan menikmati keindahan Desa Wisata Pentingsari, kamu bisa lanjut tidur di homestay yang tersedia dua pilihan yang dikategorikan menjadi grade A khusus untuk wisatawan perseorangan dan grade B untuk grup reservasi.

Untuk harga, homestay di Desa Wisata Pentingsari dikenakan biaya sekitar Rp150.000-Rp350.000 per-orang.

Sumber: Indonesia.travel, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar