Ilustrasi (Shutterstock)
Dream - Industri asuransi syariah tidak hanya bisa mengandalkan usahanya dengan menghadirkan produk terbaru yang memberikan ketenangan bagi nasabah. Di tengah era digitalisasi ini, perusahaan juga harus kreatif menyediakan berbagai layanan agar dilirik calon nasabah sekaligus memudahkan klien yang sudah ada.
Inovasi inilah yang dihadirkan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) yang menghadirkan fitur layanan terbaru berupa Direktori Halal Trip. Bukan dalam bentuk asuransi, inovasi ini diharapkan bisa mempermudah wisatawan muslim ketika berkunjung ke berbagai destinasi pilihannya.
Menggandeng WE+ (WEPLUS), layanan terbaru dari Zurich Syariah ini menyediakan peta dan panduan perjalanan baik di dalam maupun luar negeri.
Wisatawan muslim yang menggunakan layanan ini dapat menemukan tempat-tempat halal yang mendukung kenyamanan perjalanan, seperti restoran halal, lokasi masjid terdekat, rumah sakit, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), hingga layanan kontak darurat.
Selain memberikan layanan bagi nasabah, inovasi Zurich Syariah ini juga dibuat sebagai respons dari tren tavel halal yang semakin meningkat.
Hasil survei Zurich Syariah di tahun 2022 menunjukkan kesadaran masyarakat akan wisata halal terus meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir.
Sebanyak 77 persen wisatawan muslim memprioritaskan ketersediaan kebutuhan halal di destinasi yang akan mereka tuju. Kebutuhan halal ini seperti informasi makanan halal, kemudahan akses ke tempat ibadah, serta tempat-tempat wisata halal.
Presiden Direktur Zurich Syariah Hilman Simanjuntak mengatakan, sebagai perusahaan asuransi umum syariah joint venture nomor satu di Indonesia, pihaknya memahami bahwa nasabahnya semakin mencari pilihan halal dalam perjalanan mereka.
“ Melalui Direktori Halal Trip kami ingin menghadirkan nilai tambah yang semakin mendukung kemudahan dan kenyamanan wisatawan muslim ketika bepergian. Akses yang mudah serta kelengkapan direktori yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun akan menjadi panduan yang optimal bagi nasabah kami,” kata Hilman dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.
Presiden Direktur WePlus, Fifi Henirawati Hoo juga mengatakan, selain panduan peta dan tempat penting, layanan direktori digital ini juga dilengkapi dengan fitur Telekonsultasi.
“ Nasabah mendapatkan layanan gratis konsultasi dengan dokter umum bersama dengan KlikDokter,” katanya.