Misteri Pohon Petai 'Menangis' Saban Malam Terkuak

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 30 Januari 2019 13:20
Misteri Pohon Petai 'Menangis' Saban Malam Terkuak
Ternyata, air yang menetes itu berasal dari...

Dream - Pohon petai menangis di Kampung Petani, Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, sempat membuat heboh. Pohon tersebut saban malam terus mengeluarkan tetesan air. Warga sekitar pun menduga pohon tersebut sedang menangis.

Tetapi, pakar zoologi dari Universiti Malaysia Sabah, Abdul Hamid Ahmad, menegaskan sejatinya pohon petai tersebut tidak menangis. Air yang menetes berasal dari tonggeret atau Cicada Rain.

Abdul mengatakan serangga ini hinggap di dahan-dahan pohon. Mereka mengisap cairan dari batang pohon menggunakan moncongnya untuk makan.

" Tetapi, kandungan karbohidrat dalam cairan pokok itu sangat sedikit dan ini menyebabkan serangga itu menghisap terlalu banyak cairan lalu mengeluarkannya lagi melalui saluran pencernaan," kata Abdul, dikutip dari Astro Awani.

Menurut Abdul, air yang menetes dari pohon petai sebenarnya adalah kencing tonggeret. Serangga ini, kata dia, hidup dengan berkumpul dan apabila seluruhnya mengeluarkan cairan maka tampak seperti hujan.

1 dari 3 halaman

Tak Bisa Sembuhkan Penyakit

Abdul juga menyatakan tidak benar cairan tersebut mengandung efek obat. Dia menyoroti perilaku sebagian orang yang sampai menadahi tetesan air tersebut lantaran diyakini bisa menyembuhkan penyakit.

" Kita perlu mencegah orang dari pemahaman yang tidak benar seperti menjadikan air tersebut sebagai obat dan sebagainya," kata dia.

Bahkan, Abdul menyatakan cairan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi. Meski mungkin tidak berisiko jika diminum, cairan tersebut sejatinya adalah air kencing tonggeret.

" Karena cairan tersebut keluar dari saluran pencernaan," kata dia.

2 dari 3 halaman

Geger Pohon Petai `Menangis` Tiap Malam

Dream - Masyarakat Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, dibuat geger oleh temuan pohon petai aneh. Ada sesuatu yang dianggap tidak wajar pada pohon tersebut.

Dikutip dari Siakap Keli, pohon tersebut meneteskan air setiap malam hari. Banyak yang menduga pohon tersebut menangis.

Seorang netizen, Azizi Abdullah, mengabadikan momen tersebut dalam video. Rekaman tersebut viral setelah diunggah ke Facebook.

Kejadian aneh dan misterius tersebut membuat banyak orang mendatangi lokasi pohon tersebut. Mereka ingin melihat secara langsung pohon menangis tersebut.

Tidak ada satupun orang yang mengetahui dari mana asal air yang menetes dari pohon tersebut. Air yang menetes jumlahnya cukup banyak seperti air hujan. 

Bahkan, ada beberapa warga yang sampai menaruh wadah untuk menampung air tersebut. Mereka percaya air itu memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Hingga kini belum ada penjelasan ilmiah terkait fenomena yang tak biasa itu. Masyarakat sekitar terus berdatangan untuk melihat kejadian aneh itu. (ism) 

3 dari 3 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar