CONNECT WITH US!

16 Anggapan Keliru yang Buat Kamu Malu Saat Tahu Faktanya!

Reporter : Idho Rahaldi | Kamis, 12 Oktober 2017 13:15
(Brightside.me)
Fakta-fakta ini bahkan bisa membuat kita malu jika selama ini lebih percaya pada mitos atau mendapatkan informasi yang salah....

Dream - Dunia ini menyimpan banyak fakta dan misteri. Tentu saja dengan pengetahuan manusia yang terbatas, sangat tidak mungkin bagi kita untuk mengetahui semuanya.

Namun ada beberapa fakta di depan mata yang kadang kita tidak mengetahuinya. Kita malah percaya pada mitos atau informasi yang tidak benar.

Dilansir dari laman BrighSide.me, berikut adalah fakta-fakta sederhana yang mungkin berguna tapi tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Fakta-fakta ini bahkan bisa membuat kita malu jika selama ini lebih percaya pada mitos atau mendapatkan informasi yang salah.

1. Frankenstein Adalah Ilmuwan, Bukan Nama Monster

 Fakta Mengejutkan

Selama ini kita berpikir bahwa Frankenstein, yang banyak dibuat dalam film, adalah sosok monster yang diciptakan dari orang yang sudah mati.

Pada kenyataannya, dalam novel Frankenstein atau The Modern Prometheus karya Mary Shelley, Viktor Frankenstein adalah seorang jenius yang mampu menciptakan makhluk hidup dari benda-benda mati.

Saat berhasil, makhluk itu ternyata hidup menjadi monster yang menakutkan. Namun, dalam novel aslinya, tak disebutkan nama makhluk ciptaan tersebut. Dia hanya dijuluki monster buatan Frankenstein.

2. Cuaca Dingin Tidak Menyebabkan Selesma

 Fakta Mengejutkan

Selama ini kita berpikir bahwa selesma disebabkan karena cuaca dingin. Padahal, apa yang disebut selesma itu disebabkan oleh infeksi virus. 

Memang, cuaca dingin sangat disukai oleh virus. Suhu rendah menyebabkan kemampuan antivirus yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh menurun tajam. Tapi jika virus tidak bisa masuk ke tubuh, meski cuaca dingin, kita tidak akan terkena salesma.

3. Istilah Dunia Ketiga Tidak Berkaitan dengan Kemiskinan dan Ketertinggalan

 Fakta Mengejutkan

Jika mendengar istilah Dunia Ketiga, kita pasti berpikir bahwa itu adalah sekelompok negara miskin dan tertinggal. Padahal, istilah itu tidak tepat dalam penggunaannya.

Setelah Perang Dunia II, dunia terbagi dalam tiga blok geopolitik. Blok negara-negara demokratis dengan Amerika Serikat sebagai pemimpinnya disebut degan Dunia Pertama. Blok negara-negara Eropa Timur dengan ideologi sosialis disebut Dunia Kedua.

Sedangkan negara-negara sisanya yang tidak masuk ke dalam dua kategori blok itu disebut dengan Dunia Ketiga.

4. Bunglon Tidak Mengubah Warna Tubuh Agar Menyatu dengan Lingkungannya

 Fakta Mengejutkan

Bunglon mengubah warna tubuh mereka saat dalam bahaya dengan berbaur dengan benda-benda sekitarnya, sehingga menjadi tak terlihat.

Kenyataannya, kulit binatang ini bisa berubah karena pengaruh kondisi psikologi dan emosional mereka. Selain itu, perubahan warna kulit adalah bentuk komunikasi asli binatang ini dengan sesamanya. Cahaya dan suhu lingkungan juga berpengaruh bagaimana bunglon ini terlihat.

5. Deodoran Berbeda dari Antiperspirant

 Fakta Mengejutkan

Selama ini kita berpikir bahwa deodoran dan antiperspirant adalah sama. Keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama pula. Namun keduanya sebenarnya berbeda.

Keringat kita sebenarnya tidak punya bau sendiri. Keringat kita bau karena bakteri yang yang hidup di permukaan kulit kita. Antiperspirant dibuat untuk mengatasi keringat, sementara deodoran hanya melawan bau.

Deodoran diklasifikasikan sebagai produk kosmetik, sedangkan antiperspirant dianggap obat karena mengubah fungsi kulit untuk sementara waktu yaitu menekan aliran keringat.

6. Bebek Tidak Boleh Diberi Makan dengan Roti

 Fakta Mengejutkan

Senang sekali duduk di tepian sungai pada hari yang cerah sambil memberi makan bebek dengan remah roti.

Padahal remah roti sangat berbahaya bagi kesehatan sang bebek. Bangsa burung suka dengan rasa roti, tapi roti tidak memiliki nilai gizi bagi mereka.

Mereka hanya mengisi perut mereka dengan remah roti, sehingga tidak menyisakan ruang untuk sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi tubuh mereka. Remah roti bisa membuat bebek mengalami cacat pada sayap mereka.

7. Kita Semua Punya Perut Six Pack

 Fakta Mengejutkan

Dengan melakukan latihan perut, kita akan memiliki perut six pack yang sempurna.

Sebenarnya, kita semua punya perut six pack. Hanya saja, mereka tersembunyi di bawah tumpukan lemak. Dan untuk menghilangkan lemak di area perut itu, kita wajib rajin diet dan latihan cardio, bukan sit-up.

8. Fungsi Tonjolan Kecil pada Huruf F dan J di Keyboard

 Fakta Mengejutkan

Sebagian dari kita mungkin mengira tonjolan kecil pada huruf F dan J di keyboard dibuat khusus untuk membantu orang buta.

Pada kenyataannya, tonjolan itu dibuat agar memudahkan kita meletakkan jari-jari sehingga lancar mengetik 10 jari tanpa melihat pada keyboard.

9. Ikan Sebaiknya Tidak Ditaruh Dalam Wadah Berbentuk Bundar

 Fakta Mengejutkan

Kita mengira dengan meletakkan ikan dalam wadah berbentuk bundar akan memperindah tampilan dekorasi rumah kita.

Sebenarnya wadah berbentuk bundar itu sangat menyiksa ikan. Misalnya, wadah seperti itu tidak punya cukup ruang untuk dipasang filter. Akibatnya air dalam wadah akan cepat keruh.

Selain itu, mengganti air setiap hari akan membuat ikan stres karena akan sering terjadi perubahan suhu yang sangat drastis. Ikan juga tidak bisa bergerak leluasa di tempat yang sempit. Belum lagi tempat seperti itu mengandung sedikit oksigen.

10. Kaca Spion Dalam Mobil Bisa Beralih ke Mode Malam Hari

 Fakta Mengejutkan

Memang sangat tidak nyaman saat sinar lampu mobil di belakang kita dipantulkan kaca spion dalam sehingga mencolok tepat di mata. Kita berpikir tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Padahal, kaca spion dalam bisa diatur ke mode malam hari secara manual sehingga sinar lampu mobil di belakang tidak menyakiti mata kita.

11. Kucing Dewasa Tidak Boleh Diberi Susu

 Fakta Mengejutkan

Susu adalah makanan kesukaan kucing. Hal itu sering ditunjukkan dalam film kartun dan iklan.

Padak kenyataannya, kucing dewasa tidak toleran terhadap laktosa atau gula susu. Untuk mencerna itu, sistem pencernaan kucing harus mengandung enzim laktase. Anak-anak kucing muda menghasilkan banyak laktase, jadi mereka cukup toleran terhadap susu.

Tapi saat mereka tumbuh dewasa, tingkat produksi laktase menurun. Untuk kucing dewasa, minum susu bisa menyebabkan gangguan perut, terutama diare.

12. Antibiotik Tidak Berguna Untuk Melawan Flu, Selesma, dan Virus Lainnya

 Fakta Mengejutkan

Seorang dokter memberikan resep antibiotik untuk melawan flu dan salesma.

Sebenarnya, antibiotik tidak mampu melawan virus karena mereka dibuat untuk memerangi infeksi bakteri. Secara struktur, virus berbeda dari bakteri. Mereka juga berbeda secara genetis.

Karena itulah, antibiotik tidak berguna untuk melawan flu, infeksi saluran pernafasan akut, dan tanda-tanda salesma lainya seperti batuk, tenggorokan kering, hidung meler, dan sebagainya.

13. Headphone Bisa Berfungsi Sebagai Mikrofon

 Fakta Mengejutkan

Untuk membuat rekaman suara di komputer biasa, kita pasti berpikir untuk memiliki peralatan khusus.

Padahal, jika kualitasnya tidak jadi masalah, kita bisa menggunakan sepasang headphone. Cukup colokkan ke masukan komputer atau laptop , tekan tombol rekam, dan mulailah berbicara melalui lubang suara.

14. Penunjuk Tangki Bensin di Mobil

 Fakta Mengejutkan

Kita pasti pernah mengalami kebingungan saat berhenti untuk mengisi bensin di SPBU. Kita bingung tangki bensin ada di sebelah mana ya?

Padahal, setiap mobil sudah memiliki tanda penunjuk tangki bensin ini. Tanda tersebut ditunjukkan pada indikator bensin di panel speedometer.

Pada panel tersebut ada gambar berbentuk dispenser SPBU, yang di salah satu sisinya, bagian kanan atau kiri, terdapat penunjuk lokasi lubang tangki berbentuk segitiga.

15. Tablet Powerball Tidak Berbentuk Bola

 Fakta Mengejutkan

Kita membayangkan bahwa tablet deterjen pencuci piring, Powerball, dengan bola merah mengkilap di tengahnya.

Itu sebenarnya hanya taktik iklan saja. Jika kita melepas benda merah dari tablet, kita akan melihat bahwa itu adalah semacam tablet bundar dengan bagian atas berbentuk kubah.

16. Lebah Bisa Menyengat Lebah Lainnya

 Fakta Mengejutkan

Selama ini kita berpikir bahwa lebah hanya menyengat manusia dan binatang besar lainnya.

Padahal, lebah dari satu koloni bisa menyerang dan menyengat lebah koloni lainya. Ratu lebah bisa menyengat pesaingnya dan lebah ratu lainya hingga mati.

(Brightside.me)

Anies Baswedan resmi jadi Gubernur Jakarta - Setnov sudah sehat?