20 Cara Menghafal Alquran bagi Orang yang Bercita-cita Jadi Hafidz

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 4 Desember 2020 10:33
20 Cara Menghafal Alquran bagi Orang yang Bercita-cita Jadi Hafidz
Diperlukan konsentrasi tinggi, usaha keras, niat yang mantab, dan berbagai tantangan lain supaya mampu menghafal alquran secara sempurna.

Dream – Menghafal Alquran menjadi idaman bagi Muslim. R=Tentu sebuah kebanggaan bisa menghafal Alquran yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayat.

Banyak orang tua bercita-cita memiliki seorang anak penghafal Alquran. Sebab menghafalkan alquran akan mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT.

Akan tetapi, menghafal alquran tentu tidak mudah. Diperlukan konsentrasi tinggi, usaha keras, niat yang mantab, dan berbagai tantangan lain supaya mampu menghafal alquran secara sempurna.

Dengan menghafal Alquran, umat Islam mampu menyelami setiap makna kehidupan yang tersirat di dalam kitab suci tersebut. Sebab di dalam Alquran terdapat banyak pelajaran sebagai pedoman sekaligus petunjuk kelak di akhirat.

Bagi Sahabat Dream yang hendak menghafalkan Alquran, banyak cara yang bisa dilakukan. Jika dilakukan dengan penuh semangat dan niat yang benar, cara menghafal alquran berikut ini cocok bagi semua kalangan.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi© Shutterstock

1. Memantabkan Niat

Cara menghafal alquran yang pertama adalah memantabkan niat. Para penghafal Alquran harus meluruskan niatnya dengan tulus ikhlas karena Allah semata. Tidak boleh ada keinginan untuk riya’ dan sombong dengan mendapat sebutan tahfidz. Niat yang keliru bisa berakibat fatal, sebab Allah akan mempersulit proses menghafal alquran.

2. Tunaikan Sholat Sunnah

Cara menghafal alquran selanjutnya adalah dengan rajin menunaikan shalat sunnah. Sholat sunnah khusus untuk memohon kemudahan dari Allah dalam proses menghafal Alquran. Salah satunya dengan menunaikan shalat sunnah hajat. Sampaikanlah hajatmu kepada Allah bahwa kamu ingin dimudahkan dalam menghafal alquran.

3. Positive Thinking

Kamu juga harus menanamkan pikiran positif ketika sedang menghafal alquran. Tanamkan keyakinan pada diri kamu bahwa menghafal alquran itu mudah. Pacu selalu motivasimu untuk terus bertahan dan istiqomah dalam membaca, meghafal, serta menjaga hafalanmu.

4. Restu Orang Terdekat

Supaya diberikan kemudahan dalam proses menghafal Alquran, sebaiknya kamu juga meminta restu dari orang tua, saudara, guru, serta orang-orang terdekatmu. Rasa optimis bisa muncul dari dukungan orang-orang di sekitarmu, Sahabat Dream.

5. Mencintai Alquran

Menghafal alquran tidak mungkin dilakukan jika kamu tidak mencintai alquran itu dengan tulus. Biasakan diri setiap hari untuk membaca artinya dan menyelami maknanya. Luangkan waktumu di sela-sela kesibukan untuk membaca alquran.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi© Shutterstock

6. Perbaiki Cara Baca

Hal yang paling penting ketika hendak menghafal Alquran adalah dengan memperbaiki cara bacanya terlebih dahulu. Sebab kesalahan membaca alquran sangat rawan mengubah isi atau artinya. Memperbaiki car abaca merupakan cara untuk menghindari kekeliruan. Karena salah baca ayat Alquran bisa mengurangi pahala.

7. Mushaf yang Sama

Cara menghafal alquran selanjutnya adalah pastikan kamu menggunakan mushaf yang selama proses menghafal. Posisi setiap ayat, bentuk huruf, penataan baris, pergantian surat, dan segala sesuatu yang ada di dalam mushaf itu akan tertanam di pikiranmu. Sehingga dengan melihat mushaf yang sama setiap harinya, akan mempermudah proses hafalanmu.

8. Bikin Jadwal

Jika Sahabat Dream sudah lebih dekat dengan alquran dan memperbaiki bacaan, kemudian mulailah mengatur jadwal dan target hafalan. Misalnya setiap hari menghafalkan satu ayat, lima ayat, atau satu halaman, tergantung kemampuan. Lakukan yang ringan-ringan terlebih dahulu, dan selalu tanamkan pikiran bahwa menghafal alquran itu mudah.

9. Tentukan Metode Hafalan

Kamu juga perlu menentukan metode menghafal alquran. Ada banyak metode yang bisa kamu pilih, di antaranya yang mudah adalah menghafal halaman dan yang kedua adalah menghafal ayat.

Menghafal halaman dilakukan dengan membaca satu halaman penuh sebanyak 30 kali, sangat cocok untuk mushaf standar Madinah. Kemudian mengahfal satu ayat sebanyak 3 hingga 10 kali secara tartil. Jika sudah lancar, hafalkan terus menerus.

10. Sering Mendengarkan Murottal

Kamu bisa dnegan mudah mengakses aplikasi dengan MP3 murottal alquran. Dengan mendengarkan murottal setiap hari surat yang sedang kamu hafalkan. Ulangi terus mendengarnya hingga kamu terbiasa, terutama sebelum tidur dan ketika bangun tidur.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi© Pixabay

11. Tetapkan Target

Jika kamu sudah bisa memenuhi jadwal hafalan yang kamu buat, selanjutnya cobalah untuk membuat target hafalan. Target itu sebaiknya dipertahankan dan istiqomah, jangan sampai kamu patah semangat. Target itu bisa kamu tentukan misalnya satu minggu harus hafal sekian ayat.

12. Mengulang Bacaan

Cara menghafal alquran yang selanjutnya adalah dengan sering melakukan murojaah atau mengulangi bacaan ayat yang dihafalkan. Semakin sering mendnegar murottal surat sambil terus ikut melantunkan, otomatis pikiran bawah sadarmu akan jadi hafal.

13. Setor Hafalan

Setor hafalan kepada guru atau orang yang dipercaya bisa membantumu mengoreksi bacaan hafalan alquran yang sedang kamu lakukan.

14. Pertahankan Niat

Di tengah jalan biasanya orang yang sedang menghafalkan alquran merasa terganggu dengan perasaan lelah dan putus asa. Hal inilah yang membuat seseorang susah untuk menyelesaikan hafalannya.

Saat itu terjadi, tenangkan pikiran kamu sejenak, dan tanamkan kembali keyakinan serta niat awal ketika hendak menghafal alquran. Berdoalah kepada Allah untuk memudahkan proses menghafal supaya tidak putus asa.

15. Berteman dengan Para Penghafal

Cara menghafal alquran selanjutnya adalah berteman dengan para penghafal alquran yang sama-sama memiliki target hafalan. Kalian bisa slaing mendukung dan memotivasi serta mengoreksi. Rasa optimis biasanya akan semakin besar dikala berteman dengan orang yang sama-sama menghafalkan alquran.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi© Shutterstock

16. Sabar

Menghafalkan alquran bukanlah tindakan instan. Butuh ketelatenan dan kesabaran untuk murojaah setiap hari supaya hafalanmu tidak hilang. Sehingga membutuhkan proses panjang yang membuatmu kadang emosi. Maka saat merasa seperti itu, tetaplah sabar untukmenggapai target hafalan alquran kamu.

17. Menyimak Hafalan Orang Lain

Cara menghafal alquran juga bisa kamu lakukan dengan menyimak hafalan orang lain. Gunakanlah telingamu untuk menghafal alquran juga. Metode ini bisa dilakukan ketika mengikuti kajian, atau sedang di rumah dalam waktu luang. Jika tidak ada waktu luang untuk bertemu teman sesama penghafal alquran, Sahabat Dream bisa mendengar dan menyimak rekaman hafalan.

18. Merekam dan Rutin Mendengarkan Bacaan

Merekam dan mendengarkan bacaan sendiri saat hafalan merupakan metode yang baik untuk memperbaiki bacaan. Merekam bacaan ayat atau surat yang hendak dihafalkan dan mendengarkannya berulang kali. Pengulangan memang sangat ampuh dalam proses menghafal alquran.

19. Mengulangi Selepas Shalat

Cara menghafal alquran selanjutnya bisa dilakukan dengan mengulangi hafalan setiap selesai shalat. Setelah selesai shalat memang waktu yang bagus untuk mengulangi hafalan. Tak perlu lama, cukup sisihkan waktu sekitar 10 menit untuk mengulang hafalan usai shalat fardlu.

20. Meminta Bantuan Guru

Untuk menyempurnakan hafalan yang sudah dilakukan, jangan lupa untuk meminta bantuan dan pendapat guru atau ahli agama. Selain untuk mengoreksi hasil hafalan kamu, guru juga akan membetulkan dan mengoreksi bacaan yang masih salah.

 

(Dilansir dari berbaga sumber)

Beri Komentar