Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masya Allah! Paus Bungkuk Selamatkan Peneliti dari Ancaman Hiu

Masya Allah! Paus Bungkuk Selamatkan Peneliti dari Ancaman Hiu (Foto: Youtube)

Dream - Sebuah video memperlihatkan momen mendebarkan ketika seekor paus bungkuk raksasa seberat 22 ton melindungi penyelam yang tidak sadar sedang diincar oleh seekor hiu.

Video menakjubkan Nan Hauser menunjukkan bagaimana paus bungkuk itu mendorong wanita 63 tahun tersebut ke permukaan menggunakan kepala dan mulutnya. Paus jantan itu juga melindungi Nan dengan mendorongnya ke bawah sirip dadanya.

Ahli biologi paus itu percaya bahwa apa yang dilakukan paus bungkuk itu adalah sifat intuitif alami mamalia laut itu untuk melindungi makhluk lainnya, termasuk manusia.

Menurut Nan, sifat intuitif paus bungkuk itu sama dengan seorang petugas pemadam kebakaran yang siap menerobos api untuk menyelamatkan orang yang tak dikenalnya.

Nan mengatakan, seekor hiu macan sedang berusaha mendekat saat dia ditolong oleh paus bungkuk tersebut. Meski hiu macan itu hanya terlihat dari kejauhan dalam rekaman video tersebut.

"Tim saya yang di atas kapal melihat seekor paus bungkuk lainnya terus memukul permukaan air laut dengan ekornya untuk menjauhkan hiu macan tersebut. Sayang aksi tersebut tidak sempat direkam," kata Nan.

Momen Menegangkan

Dream - Saat Nan melihat hiu itu, dia awalnya mengira itu adalah paus bungkuk yang lain. Namun dia menyadari bahwa itu adalah hiu macan karena ekornya bergerak ke kiri dan ke kanan, bukan ke atas dan ke bawah seperti paus bungkuk.

Saat Nan kembali ke kapal, yang mengapung di atas di perairan Pantai Muri, Rarotonga, Kepulauan Cook, pada bulan Oktober 2017, paus bungkuk yang menolongnya sempat muncul ke permukaan untuk memastikan keselamatannya.

"Saya awalnya tidak mengerti ketika paus bungkuk itu mendekati saya, dan kemudian berusaha mendorong saya ke atas permukaan selama 10 menit," katanya.

Nan mengaku telah berpengalaman berada di bawah air bersama paus selama 28 tahun. Namun dia belum pernah menemukan ada paus yang demikian penyayang.

"Dia terus berusaha mendorong saya ke permukaan dengan kepala, perut, atau punggungnya. Dan yang paling sering mencoba mendorong saya ke bawah sirip dadanya yang sangat besar," ujarnya.

Nan awalnya sempat takut sirip dan ekor paus bungkuk itu akan mengenainya terlalu keras dan meremukkan tulang-tulangnya. Dia juga takut tenggelam jika terus berada di bawah sirip dada paus tersebut.

"Saya mencoba menjauh darinya. Saya tidak ingin memperlihatkan perasaan panik, karena saya tahu ia akan mengetahui ketakutan saya. Saya berusaha tenang meski saya tahu bahwa itu adalah pertemuan yang mematikan," katanya.

Perilaku Paus Bungkuk Seperti Lumba-lumba

Dream - Nan mengatakan dia terlalu fokus pada mamalia laut raksasa itu sehingga tidak menyadari ada hiu macan yang berusaha mendekat.

Lebih lanjut Nan mengatakan, dia tidak pernah menyentuh paus yang dia pelajari kecuali mereka sakit atau terdampar di pantai.

"Di kepala saya, muncul pikiran yang menggelikan tentang pelecehan paus - dan saat ini saya telah dilecehkan oleh paus," kata Nan.

Nan pernah mendengar perilaku altruistik paus bungkuk sebelumnya yang berusaha melindungi keturunannya, jenis paus lainnya, anjing laut, dan lumba-lumba. Namun dia belum pernah mendengar ada paus bungkuk yang melindungi manusia.

Selama ini, hanya lumba-lumba yang telah diketahui menunjukkan perilaku yang protektif. Bahkan perilaku altruistik lumba-lumba itu sudah banyak diceritakan.

Namun Nan tidak pernah mengalami kejadian seperti itu secara langsung dengan seekor paus bungkuk, atau melihat rekamannya, dalam 28 tahun terakhir mempelajari paus.

"Saya telah menghabiskan waktu selama 28 tahun terakhir untuk melindungi paus. Dan pada saat ini, saya bahkan tidak menyadari bahwa mereka melindungi saya!" pungkasnya.

(Sumber: mirror.co.uk)

Lihat Videonya

Dream - Berikut ini video yang memperlihatkan aksi heroik paus bungkuk yang berusaha mendorong peneliti Nan Hauser ke permukaan agar menjauh dari hiu macan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Banyak Orang Tak Tahu, Cabut Bulu Hidung Sendiri Bisa Berbahaya

Beberapa orang mencabut bulu hidungnya sendiri karena mengganggu penampilan atau merasa kurang nyaman. Ternyata, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Baca Selengkapnya
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Buka Puasa Bukan Ajang untuk 'Balas Dendam', Pahami Kembali Hikmah Berpuasa

Buka Puasa Bukan Ajang untuk 'Balas Dendam', Pahami Kembali Hikmah Berpuasa

'Balas dendam' saat berbuka secara tidak langsung menunjukkan adanya unsur paksaan dalam berpuasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Penuhi Asupan Zat Besi Biar Uban Tak Cepat Muncul

Sebagian orang memiliki uban dari usia muda dan ingin menghilangkannya. Intip penjelasan dokter kulit tentang upaya menghilangkan uban.

Baca Selengkapnya
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga,  Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga, Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Saat berpuasa dianjurkan agar tetap aktif, meski tidak berlebihan.

Baca Selengkapnya
11 Arti Mimpi Ular Hitam yang Mengagetkan, Pertanda  Cemas dan Ancaman dalam Kehidupan Nyata

11 Arti Mimpi Ular Hitam yang Mengagetkan, Pertanda  Cemas dan Ancaman dalam Kehidupan Nyata

Di antara arti mimpi ular hitam dipercaya sebagai pertanda bahaya dan ancaman.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya