Amalan Penuh Pahala Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Reporter : Sugiono
Jumat, 10 Mei 2019 12:01
Amalan Penuh Pahala Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan
Amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan memiliki nilai yang setara dengan wanita yang berpuasa ketika suci. Ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi wanita haid di bulan Ramadhan.

Dream - Bulan puasa Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan sholeh di bulan Ramadhan.

Segala jenis ibadah dan amalan yang dikerjakan mendapatkan pahala yang nilainya berlipat-lipat dari biasanya.

Sayangnya, ada beberapa orang yang justru tidak bisa meraih keberkahan bulan Ramadhan secara penuh.

Mereka adalah kaum wanita yang sedang haid. Siklus bulanan ini membuat wanita haid tidak bisa berpuasa maupun sholat.

Sebagian Sahabat Dream mungkin merasa sedih mendapat haid di bulan Ramadhan. Karena akan kehilangan kesempatan mendapat pahala yang besar.

Namun, kamu tidak perlu merasa sedih. Sebab ada sejumlah amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan.

Amalan wanita haid di bulan Ramadhan ini memiliki nilai pahala yang sama ketika mengerjakan sholat di waktu suci.

Pendapat bahwa amalan wanita haid di bulan Ramadhan sama nilainya dengan sholat di waktu suci bisa dilihat pada hadis berikut:

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Jika seorang ahli ibadah jatuh sakit atau safar, ia tetap diberi pahala ibadah sebagaimana ketika ia sehat atau sebagaimana ketika ia tidak dalam safar."

Hal ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Karena amalan dan ibadah mereka tetap diperhitungkan.

Lantas, amalan penuh pahala apa saja bagi wanita haid di bulan Ramadhan?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 8 amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan.

8 Amalan Penuh Pahala bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Sebelum membahas amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan, sebaiknya Sahabat Dream mengetahui amalan yang dilarang untuk dilakukan.

Kitab fiqih Taqrib karangan Imam Abu Syuja’ menyebutkan ada delapan amalan dan ibadah yang tidak boleh dilakukan wanita haid.

Amalan yang dilarang bagi wanita haid itu di antaranya adalah shalat, puasa, membaca Alquran. Wanita haid juga dilarang menyentuh dan membawa mushaf Alquran.

Mereka juga tidak boleh masuk masjid, melakukan thawaf, jimak dan bermain-main di sekitar organ kemaluan.

Amalan-amalan tersebut terlarang bagi wanita yang sedang haid. Namun, bukan berarti wanita haid tidak bisa beribadah dan mendapatkan pahala melimpah di bulan Ramadhan.

Dalam kitab Hasyiyah Al Qulyubi dijelaskan kaum hawa yang menjalani haid merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Mereka diganjar pahala seperti yang didapat ketika menjalankan sholat di waktu suci.

Berikut ini 8 amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan setiap saat.

1. Membangunkan Sahur

Membangunkan sahur dan menyiapkan makan sahur bagi orang berpuasa termasuk amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Ini karena kebaikan sekecil apapun akan bernilai ibadah yang besar di bulan Ramadhan.

Rasulullah Saw bersabda “ Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Ahmad)

Memberikan air ke saudara saja dianggap ibadah, apalagi jika membangunkan orang sahur sekaligus menyiapkan makanannya.

1 dari 6 halaman

2. Memberi Makan Orang Berpuasa

Amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan berikut adalah menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa.

Bagi wanita haid yang tidak berpuasa, mereka bisa mencoba makanan dan minuman sebelum dihidangkan sebagai menu buka puasa.

Menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa ternyata menjadi salah satu amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan.

Nilainya bahkan setara dengan orang berpuasa. Hal itu terungkap dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi sebagai berikut,

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, dia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun." (HR. At-Tirmidzi)

2 dari 6 halaman

3. Mencari Ilmu

Mencari ilmu merupakan amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan berikutnya.

Aktivitas mencari ilmu memang tidak dibatasi kondisi, usia, dan waktu. Baik orang tua, muda, laki-laki, wanita, haid maupun suci semuanya bisa mengamalkannya.

Belajar dan mencari ilmu saat Ramadhan bisa berlaku untuk seluruh disiplin ilmu pengetahuan, baik keagamaan maupun pengetahuan umum. Yang lebih utama yaitu ilmu yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Imam Muslim mencatat hadis tentang keutamaan orang yang sedang mencari ilmu,

" Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju surga baginya." (HR. Muslim)

3 dari 6 halaman

4. Memperbanyak Dzikir

Amalan penuh pahala keempat bagi wanita haid di bulan Ramadhan adalah memperbanyak berdzikir. Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan siapapun dan kapan pun.

Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, wanita yang sedang haid bisa mengucapkan berbagai kalimah thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Pun, wanita haid juga tetap bisa mengikuti majlis-majlis dzikir dan shalawat seperti istighasah dan lainnya.

5. Mendengarkan Alquran

Amalan penuh pahala bagi wanita haid selanjutnya di bulan Ramadhan adalah mendengarkan Alquran. Meski tidak diperbolehkan membaca Alquran, wanita yang haid tetap dianjurkan untuk mendengarnya.

Hukum ini didasari hadis riwayat Ibnu Majah. Dari Aisyah Ra ia berkata, " Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran."

Dengan tetap mendengar Alquran, hati wanita haid akan selalu terpaut pada kalam-kalam Allah. Mereka senantiasa mendapat rahmat. Ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya:

" Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al-A’raf:204)

4 dari 6 halaman

6. Berdoa Secara Maksimal

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keistimewaan yang menawarkan banyak sekali pahala dan ampunan. Karena itu berdoa di bulan Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi siapapun, termasuk wanita haid.

Bahkan ada satu malam yang begitu istimewa yang kita kenal sebagai malam lailatul qadar. Meski wanita haid tidak bisa melakukan i’tikaf di masjid, mereka bisa berdoa untuk mendekatkan diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Sayyidah Aisyah pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, " Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, doa apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab:

" Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa’fu 'annî,’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku)." (HR Ibnu Majah)

5 dari 6 halaman

7. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah atau shadaqah merupakan salah satu amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan.

Memperbanyak sedekah bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan.

Yang penting, ketika mengerjakan amalan penuh pahala di bulan Ramadhan dipenuhi keikhlasan dan keistiqamahan.

Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

" Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR. Muslim)

6 dari 6 halaman

8. Memperbanyak Kegiatan Sosial

Amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan, salah satunya yaitu memperbanyak aktivitas sosial.

Kita mungkin lebih fokus pada amalan ibadah yang sifatnya ritual belaka. Padahal melakukan kegiatan sosial juga bisa meningkatkan pahala dan mendapatkan keberkahan Ramadhan.

Bagi wanita haid,contoh-contoh kegiatan sosial seperti mengajar anak-anak kurang mampu, memberikan santunan kepada anak-anak yatim, bersih-bersih lingkungan dan kegiatan yang sifatnya sosial lainnya.

Amalan seperti ini, selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga mempererat tali silaturrahim antar sesama Muslim.

Demikianlah 8 amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone