Perjuangan Haiqal, Jual Kue Sejak Subuh Demi Bertahan Hidup Akibat Covid

Reporter : Sugiono
Senin, 26 Oktober 2020 09:01
Perjuangan Haiqal, Jual Kue Sejak Subuh Demi Bertahan Hidup Akibat Covid
Banyak yang mendoakan dan menangis melihatnya. Semoga rezeki adik dari Kalimantan Selatan ini banyak dan lancar.

Dream - Tanpa kita sadari, ternyata masih banyak di luar sana yang berjuang untuk bertahan hidup. Mereka tidak tahu bagaimana mereka makan hari itu atau bahkan di hari-hari berikutnya.

Dan yang lebih parah lagi adalah sebagian pelakunya ternyata anak-anak, yang seharusnya mengecap kebahagiaan di masa kecil bersama teman-teman sebaya.

Itulah yang diperlihatkan Rahmadi melalui akun Instagramnya. Dia mengisahkan bocah lelaki bernama Muhammad Haiqal yang jadi penjual kue keliling dengan sepedanya.

1 dari 5 halaman

Masih Berusia 14 Tahun Tapi Jualan Kue Keliling

Menurut Rahmadi, bocah berusia 14 tahun itu biasanya berjualan di sekitar Kelurahan Barabai Darat, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

" Di saat anak seumurnya merasakan asiknya bermain dengan teman-temannya atau serunya bermain gadget, dia malah harus berpeluh untuk bertahan hidup," tulis Rahmadi mengawali kisahnya.

2 dari 5 halaman

Ayah Cuma Pekerja Buruh Bangunan

Haiqal tinggal di sebuah rumah kontrakan di Gang Hijrah, Kitun bersama orangtuanya. Sebelum pandemi corona, ayahnya seorang pekerja buruh bangunan. Namun ayahnya sekarang tak punya pekerjaan lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Haiqal terpaksa ikut bekerja dengan berjualan kue menggunakan sepeda. Kata Rahmadi, beberapa kali Haiqal lewat depan tokonya sekitar jam 10 malam lebih.

3 dari 5 halaman

Jualan Kue Sejak Pagi Subuh

Karena merasa kasihan dan penasaran, Rahmadi pun mencegat Haiqal untuk membeli kue sekaligus menanyakan kondisi keluarganya.

Menurut penuturan Haiqal, dia biasanya berangkat jualan kue jam 4 pagi sampai habis sekitar jam 10 atau 11 siang.

Setelah itu, sekitar jam 2, Haiqal akan kembali keliling menjajakan kuenya di sekitar Kelurahan Barabai Darat sampai malam.

4 dari 5 halaman

Berjualan Bukan untuk Kaya, Tapi Bertahan Hidup

" Kegigihan Haiqal bekerja mungkin masih belum seperti yang dia harapkan. Karena impiannya adalah ingin memiliki HP, entah itu HP apa aja masih belum terwujud," tulis Rahmadi.

Rahmadi kemudian mengajak netizen jika melihat Haiqal untuk membeli kue yang dijualnya. Sebab hasil penjualan pedagang seperti ini bukan untuk memupuk kekayaan, tapi cuma untuk bisa bertahan hidup.

Sumber: World of Buzz

5 dari 5 halaman

Videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KONTEN INSPIRATIF (@rhmadii__) pada

Beri Komentar