Inilah Sejarah Pembukuan Alquran

Reporter : Ayik
Sabtu, 30 Mei 2015 15:02
Inilah Sejarah Pembukuan Alquran
Umar bin Khattab memiliki gagasan bahwa sebaiknya Alquran dibukukan.

Dream - Sudah umum diketahui bahwa Alquran itu diturunkan secara berangsur-angsur. Rasulullah menerima wahyu ini dari malaikat Jibril dan kemudian menyampaikannya kepada para sahabat dan pengikutnya.

Kemudian para sahabat menghafalkannya dan ada pula yang mencatatnya. Namun, setelah Rasulullah wafat terjadi kekhawatiran di kalangan para sahabat. Mereka takut bahwa Alquran akan punah karena pada saat itu banyak para penghapal Alquran atau hafidz yang gugur di dalam pertempuran.

Dari situlah Umar bin Khattab memiliki gagasan bahwa sebaiknya Alquran dibukukan. Pada awalnya, khalifah Abu Bakar menolak gagasan ini karena apa yang diusulkan oleh Umar tersebut tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah.

Namun setelah menjelaskan bahwa semua ini demi kebaikan umat Islam maka khalifah Abu Bakar menyetujui gagasan Umar, kemudian Abu Bakar memerintahkan agar naskah dari ayat-ayat yang sudah ditulis itu dikumpulkan untuk disalin dan disusun kembali.

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Baca Juga: Dengar Ayat Alquran Berikan Perubahan Psikologis yang Positif Para Preman Itu Menangis Insaf Usai Salat Berjamaah Alquran Sumber Kebahagiaan Manusia `Hindari` Kemiskinan dengan Surat Alwaqi'ah TKW Hong Kong Gelar Lomba Hafalan Quran Kenapa Al Fatihah Jadi Awalan Alquran?

Beri Komentar