Kandungan Surat Al Baqarah 286, Allah Tidak Membebani DiLuar Batas Kemampuan

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 4 Februari 2021 10:30
Kandungan Surat Al Baqarah 286, Allah Tidak Membebani DiLuar Batas Kemampuan
Setiap ujian yang diberikan merupakan tahapan dalam kehidupan untuk membuat seorang hamba menjadi lebih bersyukur.

Dream – Surat Al Baqarah 286 berisi bahwa Alla SWT tidak akan membebani seorang hamba diluar batas kemampuannya. Setiap ujian yang diberikan merupakan tahapan dalam kehidupan untuk membuat seorang hamba menjadi lebih bersyukur.

Dalam surat Al Baqarah 286, juga menjadi pengingat saat sedang terpuruk dan banyak beban hidup. Kita sebagai orang beriman harus senantiasa berserah diri kepada Allah dan selalu berusaha mencoba jalan keluar terbaik.

 

1 dari 4 halaman

Bacaan Surat Al Baqarah 286

Bacaan Arab

Surat Al Baqarah Ayat 286© Dream.co.id

Bacaan Latin

Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, rabbanaa laa tu`aakhidznaa in nasiinaa au akhtha`naa, rabbanaa wa laa tahmil 'alainaa israng kamaa hamaltahuu 'alalladziina ming qablinaa, rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bih, wa'fu 'annaa, waghfir lanaa, war-hamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa 'alal-qaumil-kaafiriin

 

Terjemahan

" Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al Baqarah: 286)

2 dari 4 halaman

Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah 286

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan lain-lainnya dari Abu Hurairah, katanya, " Tatkala turun ayat, 'Dan jika kamu melahirkan apa yang terdapat dalam dadamu atau menyembunyikannya, pastilah akan dihisab oleh Allah.' (Q.S. Al-Baqarah: 284)

Sungguh terasa berat oleh para sahabat. Mereka datang kepada Rasulullah SAW. lalu bersimpuh di atas kedua lutut mereka, kata mereka, 'Ayat ini telah diturunkan kepada baginda, tetapi kami tidak sanggup memikulnya',

Maka Rasulullah SAW bertanya, 'Apakah kalian hendak mengatakan seperti apa yang diucapkan oleh Ahli Kitab yang sebelum kalian, 'Kami dengar dan kami langgar?' hendaklah kalian ucapkan, 'Kami dengar dan kami patuhi. Ampunilah kami wahai Tuhan kami dan kepada-Mu kami akan kembali.' Setelah orang-orang itu berusaha membacanya hingga lidah-lidah mereka pun menjadi lunak karenanya, maka Allah pun menurunkan di belakangnya, 'Rasul telah beriman.' (Q.S. Al-Baqarah 285)

Sesudah itu ayat tadi dinasakhkan oleh Allah dengan menurunkan, 'Allah tidak membebani seseorang kecuali menurut kemampuannya...'" (QS. Al-Baqarah: 286) Muslim dan lain-lain meriwayatkan pula seperti di atas dari Ibnu Abbas.

3 dari 4 halaman

Kandungan Surat Al Baqarah 286

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

 

Dari ayat ini dapat dipahami bahwa batas kemampuan setiap orang berbeda-beda dalam menghadapi ujian dari Allah. Sehingga kita diminta untuk tetap berusaha dan senantiasa berserah diri kepada Allah SWT.

Ayat di atas juga menjadi pengingat bagi kita saat sedang terpuruk dan banyak beban hidup. Kita sebagai orang beriman harus senantiasa berserah diri kepada Allah di samping selalu berusaha sekuat kita.

Kemudian, kita sebagai manusia yang diciptakan Allah sebagai tempatnya salah dan lupa juga harus selalu mohon ampun kepada-Nya, karena Allah Maha Pengampun dan Maha Pemberi Pertolongan.

Janji Allah atas ujian bagi manusia itu juga ditegaskan dalam ayat lainnya.

Allah berfirman, " Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 5-6).

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Baqarah 286

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Para ulama menyebutkan bahwa siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah yaitu ayat 285 dan 286, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia dan akhiratnya. Ia juga akan dijauhkan dari kejelekan.

Ada pula ulama yang mengatakan bahwa dengan membaca ayat tersebut imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat tersebut ada sikap pasrah kepada Allah Ta’ala.

Selain itu ada ulama yang mengatakan bahwa ayat tersebut bisa sebagai pengganti dari berbagai dzikir karena di dalamnya sudah terdapat do’a untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar