Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9, Allah Menjaga Kemurnian Al Quran

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 17 Februari 2021 09:17
Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9, Allah Menjaga Kemurnian Al Quran
Surat Al Hijr memiliki arti Negeri Kaum Samud.

Dream – Al Quran merupakan kitab suci umat Muslim yang mengandung petunjuk bagi kehidupan. Dengan membaca, mempelajari, dan menghafal Al Quran membantu tiap manusia untuk memperoleh rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

Berpegang teguh pada Al Quran akan membantu tiap hamba-Nya untuk dapat hidup bahagia tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat kelak.

Salah satu surat yang menjelaskan tentang turunnya Al Quran terdapat pada Surat Al Hijr. Surat ini merupakan surat ke-15 yang terdiri dari 99 ayat dan termasuk surat Makkiyah.

Surat Al Hijr memiliki arti Negeri Kaum Samud. Surat Al Hijr ayat 9 menjelaskan tentang penegasan turunnya Al Quran bahwa Allah SWT yang telah menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Allah lah yang benar-benar menjaga, memelihara kemurnian Al Quran sampai hari kiamat. 

1 dari 5 halaman

Bacaan Surat Al Hijr Ayat 9

 

Bacaan Arab

Surat Al Hijr Ayat 9© Dream.co.id

Bacaan Latin

Innaa nahnu nazzalnaadz-dzikra wa-innaa lahu lahaafizhuuna

Artinya:

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.

2 dari 5 halaman

Tahlil Lafdz Surat Al Hijr Ayat 9

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

 

Dalam Kitab Tafsir al-Bahr disebutkan bahwa makna dari al-Hifz ada tiga: pertama, Allah menjaganya dari syetan. Kedua, Allah menjaganya dengan cara mengekalkan syariat Islam sampai hari kiamat, hal ini sebagai mana disinggung oleh Imam Hasan al-Bashri dan ketiga, Allah menjaganya di dalam hati orang-orang yang menginginkan kebaikan dari Al Quran.

Sehingga jika ada satu huruf saja yang berubah dari Al Quran, maka seorang anak kecil akan mengatakan “ engkau telah berdusta dan yang benar adalah demikian.”

Selanjutnya dalam kitab tersebut juga disebutkan bahwa kata “ Lahu” itu kembali kepada az-Zikr atau Al Quran dan hal ini adalah perkataan Qatadah, Mujahid yang selain keduanya.

3 dari 5 halaman

Dan dalam kitab Tafsir al-Mawardi disebutkan bahwa ada tiga perkataan tentang maksud dari penjagaan ini pertama, Kami menjaga Al Quran sampai terjadi hari kiamat, ini adalah perkataan dari Ibnu Jarir. 

Kedua, Kami menjaga Al Quran dari syetan yang ingin menambah kebatilan atau menghilangkan kebenaran, sebagaimana tafsiran dari Qatadah.

Ketiga, menjaganya pada hati orang yang mengingnkan kebaikan dan menghilangkannya dari orang yang ingin kejelekan. Dalam tafsir al-Ajibah disebutkan juga bahwa makna al-Hifz bahwa Allah akan menjaga Al Quran dan salah satu caranya adalah melalaui para Qurra’, dan hati para Qurra’ adalah tempat simpanan dari kitabullah.

4 dari 5 halaman

Penjabaran Surat Al Hijr ayat 9

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

 

“ Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran.”

Nabi Muhammad SAW diberikan kitab suci Al Quran yang diturunkan oleh Allah SWT dalam bentuk firman-Nya. Kemudian diajarkan kepada para sahabat dan masyarakat mengenai kebesaran Allah.

Karena hal itu Nabi Muhammad SAW dianggap seperti orang gila dan mereka tidak menganggap Al Quran. Al Quran merupakan kitab yang diingkari oleh para kaum kafir Quraisy.

 

 “ Dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Menjaga Al Quran hingga akhir zaman dari segala hal yang tidak layak merupakan salah satu janji Allah SWT. Karena Al Quran akan dijaga keasliannya. Tidak boleh menambahkan, mengurangi, atau mengganti satu kata pun dalam Al Quran agar tetap terjaga keasliannya.

Allah SWT menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk. Selain itu, Al Quran berisi peringatan bagi segala hal permasalahan dan orang-orang yang tidak mendengarkan ajaran Nabi Muhammad SAW. Al Quran juga disebut dengan Adz Dzikra yang berarti petunjuk, rahmat, cahaya, dan obat.

Al Quran yang diturunkan oleh Allah akan dijaga oleh-Nya pula hingga akhir zaman. Oleh karena itu, ahlul Quran atau sebutan untuk para penghafal Al Quran, akan dijaga pula oleh Allah SWT.

5 dari 5 halaman

Kandungan Surat Al Hijr ayat 9

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

 

Peringatan terhadap orang-orang yang mengabaikan dan tidak mempercayai adanya Al Quran. Terutama bagi mereka yang mengolok-olok dan mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW orang gila.

Allah SWT menjaga Al Quran supaya tidak ada penambahan, pengurangan, atau penggantian. Al Quran juga menjadi bukti dari kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Malaikat Jibril merupakan perantara yang menyampaikan firman Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga, Al Quran akan terjaga kesucian, keaslian, dan kekekalan-Nya.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar